Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 08:39 WIB
 

Inilah Tahapan Mitsubishi Beli Saham Danamon

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 27 Desember 2017 | 11:50 WIB
Inilah Tahapan Mitsubishi Beli Saham Danamon
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) menjelaskan The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd (MUFG) telah sepakat untuk membeli 73,8% saham Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd (AFI) dari total saham yang diterbitkan.

AFI merupakan anak usaha yang sepenuhnya dimiliki Fullerton Financial Holding Pte. Ltd (FFH). Kedua pihak mencapai kesepakatan pada 26 Desember 2017. MUFG merupakan badan usaha perbankan dari Mitsubishi UFJ Financial Group Inc. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Rabu (27/12/2017).

Kesepakatan tersebut merupakan kelanjutan penjajakan pada 9 November 2017 lalu. Investasi tersebut akan dilaksanakan dalam 3 tahap setelah mendapat persetujuan regulator dan para pemegang saham.

Dalam tahap pertama MUFG akan membeli 19,9% dari total saham Danamon yang sudah diterbitkan dengan harga Rp8.323 per saham. Harga saham tahap 1 berdasarkan kuartal ketiga 2017 price to book ratio dua.

Untuk tahap 2, MUFG akan membeli 20,1% saham dari total aham yang diterbitkan Danamon. Untuk tahap 3, MUFG mendapatkan persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40%. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya untuk tetap menjadi pemegang saham atau menerima uang tunai dari MUFG.

Kepemilikan MUFG dalam Danamon diharapkan akan menjadi lebih dari 73,8% dari total saham yang telah diterbitkan oleh Danamon. Harga pembelian saham Danamon dalam tahap 2 dan tahap 3 akan memakai pendekatan yang mirip dengan tahap 1. TIdak ada jaminan bahwa harga pembelian saham Danamon di Thap 2 dan tahap 3 akan lebih tinggi, lebih rendah atau sama dengan harga dalam tahap sebelumnya. Harga ini akan diungkapkan pada waktu yang tepat.

AFI tetap menjadi pemegang aham yang signifikan selama proses ini berlangsung dan tetap memberikan dukungan penuh sebagai pemegang saham.

MUFG adalah salah satu group keuangan terbesar di dunia. Investasinya di Danamon akan memberikan akses terhadap kekuatan finansial, keahlian dan jaringan MUFG untuk mendukung pertumbuhannya.

Komentar

 
x