Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 05:30 WIB

BTN Siapkan Skema Baru Pembiayaan Rumah

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 19 Desember 2017 | 14:17 WIB
BTN Siapkan Skema Baru Pembiayaan Rumah
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Bank Tabungan Negara (BTN) harus terus melaksanakan tugasnya untuk mewujudkan Program Sejuta Rumah melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah) BTN.

Rencananya tahun depan BTN akan beri skema baru yaitu Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) yang baru saja diluncurkan oleh Kementerian PU-PR.

BP2BT merupakan bantuan pembiayaan KPR ke golongan MBR yang berpenghasilan di bawah 3 juta perbulan, caranya dengan menabung secara rutin selama 6 bulan dan menyiapkan uang muka sebesar 5% untuk membeli rumah.

Skema bantuan pembiayaan KPR dengan syarat menabung rutin sebenarnya telah diterapkan Bank BTN lewat tersebut lewat produk KPR Mikro dan KPR Subsidi dengan bermitra dengan salah satu Perusahaan penyedia jasa ojek online bagi para ojek yang dikelolanya.

"Bank BTN akan merangkul semua pihak, baik BUMN, instansi pemerintah, maupun swasta untuk mendorong percepatan pencapaian program sejuta rumah," ujar Maryono, Direktur Utama BTN di Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Untuk mewujudkan Program Sejuta Rumah apalagi masyarakat menengah ke bawah, BTN kerap menemui beragam kendala. Pertama adalah backlog atau kekurangan pasokan rumah hingga 13,38 juta unit karena tingginya kebutuhan rumah, namun tidak tercukupi pasokan.

Kedua, tidak tersedianya lahan yang cukup untuk membangun properti. Ketiga adalah regulasi pertanahan yang belum terstandarisasi untuk di setiap daerah.

Dan yang terakhir adalah sedikitnya masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR yang masuk kategori bankable, sehingga sulit mengakses pembiayaan KPR.

Padahal menurut data BPS (2015) kalangan MBR dengan penghasilan di bawah 3 juta rupiah paling banyak membutuhkan tempat tinggal, backlog di MBR informal tercatat mencapai lebih dari 6 juta unit. [hid]

Tags

Komentar

Embed Widget

x