Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Mei 2018 | 23:53 WIB
 

Jasa Marga Terbitkan Obligasi Rp4 T di London

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 14 Desember 2017 | 01:05 WIB
Jasa Marga Terbitkan Obligasi Rp4 T di London
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - PT Jasa Marga (Persero) Tbk resmi menerbitkan obligasi di London Stock Exchange dengan denominasi rupiah yang diberi nama Komodo Bond.

Komodo bond dengan jangka waktu tiga tahun ini meraup Rp4 triliun (setara US$295,7 juta), dengan kupon 7,5% dan dukungan investor global.

Dana dari obligasi tersebut akan digunakan oleh Jasa Marga untuk mengakses investor global, melalui London, dalam rangka mendukung rencana pembangunan infrastuktur di Indonesia dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

"Komodo bond memungkinkan investor asing untuk mengakses infrastruktur dengan berkualitas tinggi untuk mendiversifikasi portofolio mereka. Investor juga mendapatkan akses ke mata uang lokal dan hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan tingkat pengembalian lebih tinggi dibandingkan dengan US Dollar Bonds," jelas Rini Soemarno, Menteri BUMN, di London, Rabu (13/12/2017).

Rupiah Bonds atau komodo bonds yakni pendanaan dengan denominasi Rupiah merupakan pendekatan proaktif manajemen risiko dalam hal mata uang asing.

"Penerbitan global bonds dengan mata uang lokal Rupiah akan mendiversifikasi basis investor perusahaan publik dengan target investor yang meminati "aset mata uang lokal" dan menciptakan sumber pendanaan baru," lanjutnya.

Dengan penerbitan global IDR Bonds, atau Komodo Bonds, emiten memiliki fleksibilitas untuk memilih alternatif pendanaan terbaik di tengah kebutuhan pendanaan yang besar bagi investasi.

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, mengatakan transaksi ini tidak hanya milestone penting bagi Jasa Marga, tetapi juga merupakan langkah signifikan dalam mengeksplorasi emiten Indonesia lainnya untuk mengakses pendanaan baru.

"Melalui London Stock Exchange, bursa efek terglobal di dunia, penerbitan obligasi ini membuat Jasa Marga dapat lebih mendiversifikasi sumber pendanaan yang dimiliki, dapat menjajaki pasar lokal melalui sekuritisasi dan emisi project bond lebih cepat tahun ini, yang juga merupakan yang pertama di pasar modal lokal," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Transaksi oleh Jasa Marga ini merupakan milestone baru bagi pasar modal Indonesia dan merupakan representasi dari terbukanya aset jenis baru di pasar global secara umum. [jin]

Komentar

 
x