Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 04:50 WIB

Jonan Mimpikan PLN dan Pertamina IPO

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 7 November 2017 | 11:45 WIB

Berita Terkait

Jonan Mimpikan PLN dan Pertamina IPO
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Igansius Jonan - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Igansius Jonan memimpikan suatu saat nanti PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (persero) bisa melakukan listing ke pasar modal.

"Mungkin kalau Pertamin dan PLN listing besar sekali ya," kata Jonan saat membuka perdagangan bursa pagi ini, Selasa (7/11/2017).

Jonan mencontohkan jikalau PLN melakukan listing ke lantai bursa, tentunya akan membuat kapitalisasi PLN meningkat tajam dari yang sekarang saat ini.

"Misalnya PLN kalau listing kalau lihat semua electricity company di dunia itu PER nya kira-kira 30 kali. Jadi kalau listing itu mungkin bisa Rp500 triliun market capital nya itu baru PLN saja," katanya.

"Mudah-mudahan di kemudian hari itu lebih terbuka, saya tunggu di pasar modal. Sejak bertahun tahun di Kereta Api saya engga pernah kembali lagi," tambahnya.

Meski mendukung hal tersebut, Jonan tetap mengingatkan bahwa transparansi keuangan, seperti perpajakan dan lain sebagainya harus tetap dilakukan. Tujuannya, agar masalah perpajakan dengam pemerintah tidak terjadi di kemudian hari.

"Kami sendiri mendorong bahwa transparansi itu sangat penting sekali. Sehingga masalah pembayaran pajak, akuntabilitas dan lain sebagainya makin lama makin baik," katanya. [hid]

Komentar

x