Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 17:02 WIB

Krisis Suriah Menular ke Bursa Asia

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 27 Agustus 2013 | 17:19 WIB
Krisis Suriah Menular ke Bursa Asia
Bursa Asia - (foto:istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Singapura - Kekhawatiran meningkatnya harga BBM karena AS berpotensi melakukan aksi militer ke Suriah telah membawa bursa saham Asia ke area negatif pada Selasa (27/8/2013).

Indeks Nikkei melemah 0,7%, indeks Hang Seng lebih rendah 0,5%, indeks Kospi turun 0,1%. Demikian juga dengan bursa negara berkembang dengan kekhawatiran konflik Suriah, seperti indeks di Filipina PSEI jatuh 4 persen. Demikian juga dengan Thailand turun 1,7% dan IHSG kehilangan 3,8%.

Pelemahan di bursa Asia seiring jatuhnya bursa saham AS. Hal itu dipicu pernyataan Menlu AS, John Kerry yang mendesak Suriah bertanggungjawab terhadap penggunakan senjata kimia terhadap warga sipil. Namun menyerukan untuk memaafkan Damaskus. "Ketakutan pasar saaat ini adalah eskalasi krisis Suriah," kata Evan Lucas dari IG Markets.

Bursa di kawasan Asia Tenggara sebagai salah satu bursa terbaik di Asia telah mengalami tekanan dalam sebulan terakhir. Pemicunya karena kekhawatiran terhadap pengurangan stimulus moneter The Fed AS. Potensi tersebut akan mempengaruhi aliran dana asing ke perekonomian Asia Tenggara.

Sementara indeks Shanghai menguat 0,3% dengan data pendapatan sektor industri di China bulan Juli naik 11,6% dari kenaikan 6,3% di bulan Juni. Demikian juga dengan indeks ASX di Australia yang lebih tinggi 0,1%.

Komentar

x