Find and Follow Us

Sabtu, 16 November 2019 | 06:29 WIB

Empat Belas Saham untuk Pilihan Pekan Depan

Oleh : Ahmad Munjin | Minggu, 25 Agustus 2013 | 14:40 WIB
Empat Belas Saham untuk Pilihan Pekan Depan
(Foto : inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Pekan depan, laju IHSG diprediksi berada dalam kisaran support 4.025-4.137 dan resistance 4.235-4.568. Empat belas saham dapat rekomendasi positif sebagai bahan pertimbangan.

IHSG selama sepekan terakhir mengalami penurunan 398,83 poin (8,73%) atau lebih parah dari pekan sebelumnya yang juga turun 72,13 poin (1,55%). Penurunan ini juga terasa bagi indeks utama lainnya di mana IDX30 memimpin penurunan dengan melemah 9,41% diikuti indeks LQ45 dan MBX yang masing-masing turun 9,17% dan 8,84%.

Begitu juga dengan laju indeks sektoral yang mayoritas juga tampak melemah di mana penguatan hanya terjadi pada indeks pertambangan yang masih berada pada jalur hijau dalam dua pekan berturut-turut dengan kenaikan (5,46%). Sementara pelemahan dipimpin indeks properti, diikuti indeks perdagangan dan keuangan dengan pelemahan masing-masing 16,16%, 10,22% dan 10,04%.

Reza Priyambada, Kepala Riset Trust Securities memperkirakan, dalam sepekan depan, IHSG akan berada pada rentang support 4.025-4.137 dan resistance 4.235-4.568. "IHSG membentuk pola menyerupai seperti downtrend continuation di bawah lower bollinger bands," katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, akhir pekan ini.

Indikator Moving Average Convergence-Divergence (MACD) masih menurun dengan histogram negatif yang memanjang. The Relative Strength Index (RSI), William's %R, dan Stochastic bergerak turun di area oversold.

Reza menjelaskan, sentimen negatif membawa jauh IHSG dari kisaran target support 4.548-4.600. "Potensi terkoreksi masih tetap ada jika tidak adanya sentimen-sentimen positif yang dapat mengimbanginya maupun jika tidak adanya upaya untuk menahan pelemahan ini dengan menambah likuiditas," ujarnya. "Semoga IHSG bisa bertahan di atas target support kami."

Lebih jauh Reza menyarankan, agar para pemodal mencermati sektor pertambangan, perkebunan, infrastruktur, dan properti.

Sementara itu, untuk pekan depan, beberapa data ekonomi yang akan menjadi perhatian sentiment antara lain, Balance of trade New Zealand; Consumer confidence & industrial production Korea Selatan; Foreign Direct Investment (FDI) China; Foreign bond investment & inflation rate Jepang;

Produk Domestik Bruto (PDB) Inggris; Consumer confidence, unemployment rate, retail sales, & inflation rate Jerman; GDP growth rate Spanyol; Retail sales Italia; Business confidence Perancis; Markit service PMI, consumer confidence, & markit manufacturing PMI Zona Euro; Durable goods order, Chicago PMI, consumer confidence, manufacturing index, & initial jobless claims AS; dan lainnya.

Di atas semua itu, Reza menyodorkan empat belas saham sebagai bahan pertimbangan para pemodal. Saham-saham tersebut adalah PT Vale Indonesia (INCO.JK), PT Modern Land Realty (MDLN.JK), PT London Sumatera Plantation (LSIP.JK),

PT Harum Energy (HRUM.JK), PT Wijaya Karya (WIKA.JK), PT Express Transindo Utama (TAXI.JK), PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA.JK), PT Sampoerna Agro (SGRO.JK),

PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP.JK), PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM.JK), PT Indo Tambang Raya Megah (ITMG.JK), PT Astra Agro Lestari (AALI.JK), PT Cipaganti Citra Graha (CPGT.JK), dan PT Waskita Karya (WSKT.JK). [jin]

Komentar

Embed Widget
x