Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 17:44 WIB

Total Dana Diraih dari Pasar Modal Capai Rp33T

Oleh : Agustina Melani | Sabtu, 10 Agustus 2013 | 11:15 WIB

Berita Terkait

Total Dana Diraih dari Pasar Modal Capai Rp33T
(Foto: inilah.com/Ardhy Fernando)

INILAH.COM, Jakarta - Total dana yang diraih dari pasar modal mencapai Rp33 triliun hingga awal Agustus 2013.

Dana yang diraih dari pasar modal tersebut antara lain penawaran perdana saham mencapai Rp12,78 triliun, penawaran umum terbatas/PUT (rights issue) senilai Rp18,20 triliun, dan waran senilai Rp2,02 triliun. Sementara itu, total dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi korporasi mencapai Rp31,14 triliun hingga 2 Agustus 2013. Demikian seperti dikutip dari data Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu (10/8/2013).

Dana yang diperoleh dari pasar modal itu telah melewati dari yang diharapkan manajemen BEI. Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Hoesen menuturkan, total dana dari penawaran perdana saham dan rights issue akan mencapai Rp30 triliun pada 2013. Saat ini, ada sekitar delapan perusahaan yang dalam proses penawaran perdana saham pada semester kedua 2013.

"Di pipeline ada delapan perusahaan yang sedang proses untuk melakukan penawaran perdana saham. Perusahaan tersebut memakai laporan keuangan Maret dan April 2013," ujar Hoesen, saat ditemui wartawan di gedung BEI, akhir pekan lalu.

Hoesen optimistis, penawaran perdana saham akan diminati pelaku pasar meski indeks harga saham gabungan (IHSG) berfluktuaktif. Hal itu karena ada sejumlah perusahaan yang membutuhkan dana untuk ekspansi usahanya. Salah satu upaya untuk mencari dana tersebut melalui pasar modal. "Situasi normal perusahaan menambah modal untuk ekspansi. Oleh karena itu, cari dana di pasar modal pasti ada. Apalagi suku bunga bank mahal, maka mencari dana dari pasar modal lewat equity dan obligasi," ujar Hoesen.

Hoesen mengharapkan, sejumlah calon emiten yang akan melakukan penawaran perdana saham tersebut dapat memaparkan ekspansi usahanya ke depan dengan baik. Hal tersebut untuk menarik calon investor dan pelaku pasar agar berminat membeli saham perdana.

Delapan perusahaan yang akan melakukan penawaran perdana saham di semester kedua antara lain PT Puraradelata Lestasi, PT Sido Muncul, PT Grand Kartech, PT Arita Prima, PT Bank Indeks Selindo, PT Link Net, PT Siloam International Hospital, PT Andira Agro.

Komentar

x