Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 00:12 WIB

Indeks Nikkei Kembali Menguat

Oleh : Agustina Melani | Jumat, 24 Mei 2013 | 17:47 WIB
Indeks Nikkei Kembali Menguat
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Sydney - Bursa saham Asia melemah pada perdagangan saham Jumat (24/5/2013). Meski demikian indeks saham Nikkei kembali naik.

Indeks Nikkei melonjak hampir 70% sejak November. Hal itu didorong dari kebijakan fiskal dan moneter yang agresif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, indeks Nikkei melemah lebih dari 7% pada perdagangan saham Kemarin setelah data manufaktur CHina melemah sehingga membuat keraguan mengenai pertumbuhan ekonomi dunia.

"Fakta pasar semacam itu memiliki jangka panjang yang besar dalam waktu relatif singkat sehingga sangat rentan. Ini sering terjadi ketika bursa saham melonjak, dan investor mendapatkan posisi jangka panjang. Kemudian beberapa ketidakpastian muncul dan tiba-tiba mereka harus menutup posisi," ujar Shane Oliver, Strategist AMP Capital.

Sementara itu, indeks MSCI Asia Pacific melemah 0,4%. Indeks saham Australia melemah 1,6%. Indeks saham Nikkei naik 0,9%. Indeks saham Jepang tersebut telah melemah 3,5% dalam pekan ini.

Gubernur bank sentral Jepang, Haruhiko Kuroda mengatakan, bank tidak memiliki spesifik target untuk harga saham dan level yen. Pihaknya tidak akan berkomentar mengenai pergerakannya. Tetapi Kuroda mengatakan, bank akan mencoba mengatasi volatilitas di pasar obligasi melalui operasi pasar yang fleksibel.

Komentar

Embed Widget
x