Find and Follow Us

Jumat, 24 Mei 2019 | 07:16 WIB

Anak Usaha PGAS Masuk ke Hulu Migas

Oleh : Agustina Melani | Jumat, 15 Maret 2013 | 17:56 WIB
Anak Usaha PGAS Masuk ke Hulu Migas
Ist

INILAH.COM, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) melalui entitas anak PT Saka Energi Indonesia (SEI) telah menandatangani kesepakatan untuk penyertaan di dua blok production sharing contact (PSC) dalam negeri.

Demikian seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (15/3/2013). Penyertaan participation interest (PI) pertama adalah di Blok Ketapang PSC, Jawa Timur sebesar 20% dari Sierra Oil Services Ltd. Blok tersebut dioperasikan oleh Petronas Carigali yang sekaligus memiliki kepemilikan sebesar 80%.

Blok Ketapang PSC diperkirakan memiliki cadangan setara dengan 84 juta barel minyak (84MMBOE). Produksi diperkirakan akan dimulai pada tahun 2014 dan pada puncaknya akan memproduksi minyak sebesar 25.000 barel per hari dan gas sebesar 50 juta kaki kubik per hari. Saat ini PGN bersama dengan SEI masih mencari kesempatan lainnya untuk penyertaan di hulu minyak dan gas bumi lainnya.

"Aksi korporasi penyertaan kepemilikan entitas anak, SEI, merupakan yang pertama bagi PGN untuk masuk di sisi hulu minyak dan gas. Hal ini dilakukan sebagai bentuk realisasi pengembangan bisnis dan komitmen untuk memperkuat ketahanan pasokan gas jangka panjang serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," ujar Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk Hendi Prio Santoso.

Lebih lanjut ia mengatakan, Perseroan akan terus mencari peluang di sisi hulu dengan melakukan penyertaan kepemilikan pada lapangan minyak dan gas potensial untuk memperkuat portofolio bisnis energi.

Komentar

x