Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 17:42 WIB

Hingga 15 Februari 2013

Aksi Beli Investor Asing Capai Rp11,16 T

Oleh : Agustina Melani | Minggu, 17 Februari 2013 | 16:00 WIB
Aksi Beli Investor Asing Capai Rp11,16 T
Ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Investor asing telah melakukan aksi beli bersih di pasar modal Indonesia mencapai Rp11,16 triliun per 15 Februari 2013.

Managing Partner PT Investa Saran Mandiri, Kiswoyo Adi Joe menuturkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif positif dibandingkan ekonomi negara maju dan global mendorong dana asing terus masuk ke Indonesia. Investor asing dinilai akan menempatkan dana di pasar modal Indonesia dalam waktu lama, didorong fundamental ekonomi Indonesia yang baik.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia masuk tiga besar dunia hanya kalah dari China dan India dorong dana asing terus masuk. Dana asing akan disimpan dalam jangka lama karena pertumbuhan ekonomi Indonesia tersebut," ujar Kiswoyo, saat dihubungi INILAH.COM, Minggu (17/2/2013).

Sebelumnya Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rachmat Waluyanto mengatakan, aliran dana asing masih akan deras masuk ke Indonesia, khususnya di pasar modal dalam jangka waktu lama. Menurut Rachmat, ada beberapa hal yang membuat investor asing memilih Indonesia sebagai salah satu tujuan investasinya. Pertama, sentimen global yang masih kurang prospektif.


"Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat masih belum secepat seperti sebelum terjadi krisis 2008, sehingga otoritas AS masih mengimplementasikan kebijakan suku bunga rendah untuk menggerakkan ekonominya. Selain itu, dengan kondisi perekonomian Eropa yang masih terjadi krisis utang, maka investor akan menghindari imbal hasil dari investasi di kedua wilayah tersebut," tutur Rachmat.

Lebih lanjut ia mengatakan, investor asing kemudian akan mengalihkan dananya ke negara-negara yang memiliki fundamental ekonomi yang baik, seperti emerging market khusunya Indonesia. Ia mengakui, memang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2012 memang tidak setinggi yang diharapkan, akan tetapi nilainya masih di kisaran 6,3%, masih lebih tinggi dan positif dibandingkan pertumbuhan ekonomi negara maju.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), aksi beli bersih oleh investor asing mencapai Rp11,16 triliun sepanjang 2013. Investor asing melakukan aksi beli mencapai Rp1,89 triliun dalam sepekan ini periode (11/2/2013-15/2/2013).

Komentar

Embed Widget
x