Find and Follow Us

Selasa, 21 Januari 2020 | 09:41 WIB

Ulasan Sepekan

IHSG, Wow.. Menakjubkan!

Oleh : Ahmad Munjin | Minggu, 17 Februari 2013 | 15:00 WIB
IHSG, Wow.. Menakjubkan!
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta IHSG berhasil bertahan pada teritori positif dalam tiga pekan berturut-turut. Indeks juga membentuk tren kenaikan selama lima hari tanpa putus. Wow.. menakjubkan!

Pada perdagangan Jumat (15/2/2013) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ^JKSE) ditutup menguat 22,876 poin (0,50%) ke angka 4.611,549. Intraday terendah 4.588,236 dan tertinggi 4.616,001 sekaligus rekor tertinggi sepanjang sejarah Bursa Efek Indonesia (BEI). Rekor tertinggi sebelumnya di level 4.601,952 yang terbentuk pada Kamis (14/2/2013).

"Wooww Amazing..!! Mungkin itulah ungkapan keceriaan para pelaku pasar melihat bagaimana fantastisnya IHSG dalam pergerakan dalam sepekan terakhir yang terus menabrak target resistance dari kami maupun rekan-rekan analis lainnya," kata Reza Priyambada, Kepala Riset Trust Securities kepada INILAH.COM, di Jakarta, akhir pekan ini.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan pergerakan di pekan sebelumnya, sungguh terlihat perbedaan yang signifikan bagaimana ritme dari pola chart yang terbentuk. "Dalam sepekan terakhir, tidak ada chart yang berwarna merah, yang artinya IHSG berhasil membentuk tren kenaikan selama 5 hari berturut-turut dalam," ujarnya.

Menurut Reza, sungguh pencapaian yang luar biasa di tengah banyaknya keragu-raguan dari pelaku pasar yang akan melakukan aktivitas tradingnya karena penilaian sudah kelewat overboughtnya harga saham-saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain itu, ada kekhawatiran akan terjadinya reversal secara tiba-tiba yang bisa saja menghempaskan IHSG. "Tapi, itulah IHSG yang terus melaju di tengah banyaknya kekhawatiran tersebut," timpal dia.

Meskipun, Reza mengakui, pihaknya juga turut khawatir akan terjadinya pembalikan arah tersebut. Namun, pihaknya mencoba untuk realistis dan selalu mengatakan bahwa IHSG akan selalu nyaman berada di zona hijau, selama masih banyak sentimen positif yang mendukung.

Lebih jauh dia menjelaskan, karena saat ini masih dalam kuartal I-2013, kondisi ini masih dalam periode earning seasons. "Kita bisa lihat bahwa para emiten global yang telah merilis laporan kinerjanya, hampir mayoritas mencatatkan kinerja yang baik di mana bisa melampaui estimasi," tandas dia.

Tak ketinggalan emiten dalam negeri, walaupun masih berupa unaudited maupun hanya tanggapan/pernyataan manajemen, telah memberikan angin segar kepada para pelaku pasar untuk menilai bagaimana gambaran kinerja 2012 dari emiten tersebut. "Hampir mayoritas merilis berita positif mengenai kinerja full year 2012," tuturnya.

Bahkan, kata Reza, para emiten menambahkan rencana ekspansi maupun tambahan capital expenditure tahun ini sehingga menambah harapan akan lebih baiknya kinerja emiten di 2013.

Selama sepekan kemarin, IHSG menyamai pergerakan pekan sebelumnya. Indeks dapat memperbarui level pencapaian tertingginya yaitu di level 4.516,001 dan tetap berakhir di atas level psikologis 4.600. "Jika dicermati, ini sudah kali ketiga kami menulis tentang pencapaian IHSG di level terbarunya," ungkap Reza.

Artinya, lanjut dia, selama 3 pekan berturut-turut IHSG mampu terjaga di area hijau meskipun secara teknikal sudah dinilai overbought.

IHSG selama sepekan mengalami kenaikan 118,52 poin (2,64%) atau kenaikan yang lebih tinggi dari pekan sebelumnya yang juga diikuti oleh kenaikan indeks utama lainnya. Untuk sepekan terakhir, mayoritas indeks utama tidak ada yang memerah.

Sepanjang pekan, pergerakan indeks sektoral mayoritas hanya 1 yang memerah, yaitu indeks aneka industri yang melemah 0,03%. Sementara penguatan dipimpin indeks industri dasar yang naik 3,66%; indeks pertambangan naik 3,62%; dan diikuti indeks properti yang naik 3,17% serta indeks keuangan naik 3,05%.

Komentar

x