Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 21:11 WIB

CIC: Pertumbuhan Ekonomi China Bisa 8% pada 2013

Oleh : Agustina Melani | Sabtu, 26 Januari 2013 | 15:30 WIB
CIC: Pertumbuhan Ekonomi China Bisa 8% pada 2013
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Beijing - Perekonomian China diprediksikan bisa tumbuh lebih lebih dari 8% pada 2013 sehingga memberikan fondasi beberapa kegiatan ekonomi global untuk pulih.

"Pertumbuhan ekonomi China bisa lebih dari 8 persen pada 2013. Pertumbuhan ekonomi akan mendukung bagian yang sangat besar dari permintaan global," ujar Lou Jiwei, Chairman of The China Investment Corp (CIC), seperti dikutip dari yahoofinance, Sabtu (26/1/2013).

Perekonomian China tumbuh 7,9% pada kuartal keempat 2012. Pertumbuhan ekonomi pada kuartal keempat mengangkat pertumbuhan ekonomi China dalam setahun ke level 7,8%. Meskipun laju China paling lambat selama 13 tahun, tetapi yang dihasilkan kira-kira sepertiga dari pertumbuhan ekonomi global sebesar 3,2%.

Lou mengatakan, jika pertumbuhan ekonomi China lebih cepat berlanjut pada 2013 maka dapat memberikan sedikit pemulihan di pasar keuangan. Volatilitas pasar keuangan telah meningkat akibat krisis utang Eropa dan kekhawatiran tentang posisi fiskal Amerika Serikat.

Adapun masalah utang dibatasi oleh negara sehingga memberikan peluang untuk kas China. Lou menambahkan, pemerintah juga harus mendorong perusahaan-perusahaan lokal untuk meningkatkan upaya memperluas usaha dan berinvestasi di luar negeri.

"Ada peluang besar bagi negara dengan uang tunai di tangannya, terutama untuk China. Kita harus memahami peluang dan memberikan lebih banyak kebebasan dalam berinvestasi di luar negeri," tutur Lou.

China telah mengakumulasikan cadangan devisa sekitar US$3,31 triliun pada akhir 2012. Sebagian besar cadangan itu dihasilkan sebagai fungsi kontrol modal yang telah memaksa eksportir China untuk menjual mata uang asing untuk bank sentral.

Sementara itu, Zeng Peiyan, a former vice-premier mengatakan, pemimpin China harus memiliki "keberanian politik" untuk mempercepat reformasi ekonomi untuk membantu mempertahankan pertumbuhan jangka panjang.

Komentar

x