Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 11:44 WIB

Euforia Yunani, Rupiah Bangkit 10 Poin

Oleh : Ahmad Munjin | Jumat, 23 November 2012 | 17:15 WIB
Euforia Yunani, Rupiah Bangkit 10 Poin
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta -- Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot valas antar bank Jakarta, Jumat (23/11/2012) ditutup menguat 10 poin (0,103%) ke posisi 9.625/9.630 dari posisi kemarin 9.635/9.640.

Analis senior Monex Investindo Futures Zulfirman Basir mengatakan, penguatan rupiah lebih dipicu oleh merebaknya optimisme pasar terhadap Yunani. Euforia itu menguat setelah Menteri Keuangan Jerman Wolfgan Schauble mengisyaratkan adanya konsensus pencairan dana bailout.

Selain itu, Schauble juga mengisyaratkan kemungkinan penghapusan utang terhadap Yunani. "Karena itu, sepanjang perdagangan, rupiah mencapai level terkuatnya 9.615 setelah mencapai level terlemahnya 9.630 dari posisi pembukaan di level terlemahnya itu," katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Jumat (23/11/2012).

Namun demikian, Firman menggarisbawahi, hal tersebut baru sebatas komentar dari Schauble. "Keputusan resminya, pasar masih harus menunggu hasil pertemuan Euro Group pada Senin (26/11/2012)," ujarnya.

Schauble mengatakan, Yunani bisa dimungkinkan untuk mendapatkan penghapusan utang setelah 2015. "Itupun, jika Athena menunjukkan komitmen untuk menjalankan kebijakan penghematannya. Lagi-lagi, ini hanya pernyataan Schauble dan akan susah untuk lolos di Parlemen Jerman," timpal dia.

Karena itu, Firman menilai, penguatan rupiah akhir pekan ini semata euforia. "Tapi, apapun berita positif soal Yunani seharusnya bisa membuat pasar ceria," tutur dia.

Sementara itu, lanjutnya, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Uni Eropa belum mencapai kata sepakat soal anggaran Uni Eropa. "Tapi, perkembangan yang positif dari Yunani membuat sentimen pasar cukup baik," katanya lagi.

Pasar juga mendapat sentimen positif dari rilis Sentimen Bisnis Perancis yang angkanya cukup positif untuk November 2012 di level 88 dari prediksi 86 dari sebelumnya 85. "Dari AS minim sentimen seiring libur Thanksgivng," ucap dia.

Semalam, pasar juga dapat sentimen positif setelah lelang obligasi Spanyol cukup positif. Meski yield obligasi Spanyol sedikit mengalami kenaikan, tapi jumlah dana yang berhasil dikumpulkan jauh melebihi target. "Karena itu, lelang tersebut dilihat pasar sebagai perkembangan yang positif," tandas dia.

Artinya, kata dia, pasar masih percaya dengan kemampuan Spanyol untuk mengatasi masalah utangnya. Dari hasil lelang Obligasi untuk tenor 10 tahun, Spanyol mendapatkan dana sebesar 4 miliar euro, lebih tinggi dari target 3,5 miliar euro. Meskipun, yield mengalami sedikit kenaikan ke level 5,52% dari 5,46%. "Tapi, karena jumlahnya melebihi target, sentimennya cukup positif," ungkap dia.

Alhasil, dolar AS melemah terhadap mayoritas mata uang utama termasuk terhadap euro (mata uang gabungan negara-negara Eropa). Indeks dolar AS melemah ke 80,629 dari sebelumnya 80,932. "Terhadap euro, dolar AS masih running ditransaksikan melemah ke US$1,2890 dari sebelumnya US$1,2882 per euro," imbuh Firman.

Komentar

x