Find and Follow Us

Rabu, 29 Januari 2020 | 07:02 WIB

Jual Ruas Tol Bisa Kurangi Beban Bakrieland

Oleh : Wahid Ma'ruf | Sabtu, 17 November 2012 | 04:14 WIB
Jual Ruas Tol Bisa Kurangi Beban Bakrieland
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Rencana penjualan empat ruas tol yang dilakukan PT Bakrie Land Development Tbk ELTY) akan mengurangi beban bunga.

Demikian mengutip hasil riset E Trading Securities tentang rencana penjualan ke Bhakti Investama Tbk (BHIT). Perseroan masih menanggung beban biaya depresiasi yang cukup tinggi dari proyek jalan tol yang dimilikinya.

"Kami melihat dari sisi ELTY yang memerlukan dana segar untuk mengurangi beban bunga dan lainnya akan berdampak positif bagi perusahaan, asalkan memang dana yang diperoleh nanti dapat meningkatkan kinerja perusahaan lebih positif lagi."

Rencana tersebut menguntungkan kedua pihak. Bakrieland yang bergerak di bidang properti dan development memiliki asset tetap sebesar Rp6,3 triliun dari total asset yang dimiliki sebesar Rp17,8 triliun. ELTY kerap membukukan rugi sejak Kuartal IV tahun 2011 yang lalu sampai kuartal III 2012 ini atau empat 4 kuartal berturut-turut.

Sementara Bhakti Investama membukan laba bersih yang meningkat cukup tajam 80,5% dari periode sebelumnya menjadi Rp511 miliar. Bhakti Investama sebagai konglomerasi yang masih belum memiliki Line of business di bagian tersebut memiliki keuntungan dalam memperluas scope bisnisnya. Namun, tentunya dengan catatan nilai transaksi yang bisa memberikan "imbal hasil" yang baik di waktu yang relatif cukup pendek.

Keempat ruas jalan tol itu adalah Kanci -Pejagan sepanjang 35 kilometer (km), Pejagan-Pemalang (56 km) dan Pasuruan-Probolinggo (45 km) dan Ciawi -Sukabumi (54 km). Bukan hanya jalan tol, Grup Bhakti juga mengakuisisi tanah Bakrieland di Lido, Sukabumi, Jawa Barat. Grup Bhakti ingin membangun theme park atau taman bermain di kawasan Lido tersebut.

Komentar

x