Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 04:08 WIB

Fiscal Cliff Dorong Bursa Asia Melemah

Oleh : Agustina Melani | Kamis, 15 November 2012 | 10:11 WIB
Fiscal Cliff Dorong Bursa Asia Melemah
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Sydney - Bursa saham Asia melemah pada perdagangan saham Kamis (15/11/2012) kecuali bursa saham Jepang. Pelemahan bursa saham Asia didorong kekhawatiran kebuntuan anggaran di Amerika Serikat yang akan membatasi pertumbuhan global.

Sementara itu, bursa saham Jepang naik mengingat spekulasi perubahan pemerintahan dapat mengakibatkan tindakan lebih untuk meransang ekonomi. Indeks saham MSCI Asia Pacific kecuali Jepang turun 0,8% ke level 435,14. Level itu terendah sejak September.

Indeks saham Hang Seng turun 0,8% dan indeks saham Shanghai turun 0,3%. Indeks saham Kospi melemah 1,7%. Sementara itu, Indeks saham Nikkei naik 0,9% didorong Yen melemah.

"Fiscal Cliff menciptakan ketidakpastian lebih untuk investor dan pasar di seluruh dunia. Anda memiliki umpan balik negatif terus yang benar-benar mempengaruhi konsumsi konsumen, kepercayaan diri serta investasi bisnis," ujar Wayne Bowers, Chief Executive untuk Asia-Pacific Northern Trust Global Investments, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (15/11/2012).

Sementara itu, indeks saham Jepang menguat karena partai Demokrat Jepang memutuskan suara nasional untuk "lower house" diadakan pada 16 Desember. Kesepakatan itu untuk membawa pemilu ke depan pada Agustus setelah pemimpin LDP Shinzo Abe menyetujui untuk mengakhiri kebuntuan atas pembiayaan anggaran dan mendukung rencana mengurangi jumlah kursi.

"Sebuah pemerintahan yang dipimpin oleh partai Demokrat Liberal diharapkan untuk menang. Investor percaya akan menambah tekanan pada Bank of Japan untuk memudahkan kebijakan, dan pemerintah akan mengadopsi kebijakan kuat untuk mendapatkan ekonomi keluar dari deflasi," kata Mitsushige Akino dari Ichiyoshi Investment Management Co.

Saham-saham yang melemah antara lain saham BHP Billiton Ltd turun 1,6%. Saham Tencent Holdings Ltd turun 4,3%. Saham Nippon Steel and Sumitomo melonjak 3,6% di Tokyo. Saham Esprit Holdings Ltd naik 21% menjadi HKUS$12,82 tertinggi sejak Mei. Saham Qantas Airways Ltd naik 3,3% menjadi A$1,27 setelah menyatakan akan buyback saham sebanyak A$100 juta dengan tunai senilai S$104 juta dari pemotongan order Boeing Co.

Komentar

Embed Widget
x