Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 16:20 WIB

SMGR Ambilalih Saham Geleximco di ThangLong Cement

Oleh : Seno Tri Sulistiyono | Rabu, 14 November 2012 | 17:03 WIB
SMGR Ambilalih Saham Geleximco di ThangLong Cement
PT Semen Gresik (persero) Tbk (SMGR) - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PT Semen Gresik (persero) Tbk (SMGR) melakukan penandatanganan Kesepakatan Penjualan dan Pembelian Bersyarat (CSPA) dengan Ha Noi General Export- Import Joint Stock Company (Geleximco), Vietnam.

Kerjasama ini menjadikan Semen Gresik menjadi pemegang saham terbesar di Thang Long Cement (Rencana Transaksi).

Direktur Utama Semen Gresik Dwi Soetjipto mengatakan, rencana transaksi ini tergantung dari pemenuhan persyaratan yang disepakati antara SMGR dan Geleximco yang diharapkan dapat dirampungkan pada pertengahan Desember 2012.

"Investasi kita di Thang Long Cement merupakan langkah strategis untuk mewujudkan visi kita menjadi perusahaan persemenan regional, dan menjadi tonggak awal ekspansi di luar negeri," ucapnya di gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (14/11/2012).

Dwi yakin, pertumbuhan ekonomi Vietnam dan negara negara Asia Tenggara akan didukung peningkatan proyek infrstruktur proyek atau konstruksi serta menciptakan pertumbuhan yang sangat kuat di industri semen.

Tha Long Cement (TLCC) merupakan salah satu perusahaan penghasil semen terkemuka di Vietnam dengan total kapasitas produksi 2,3 juta ton per tahun, dihasilkan dari pabrik yang baru dengan tekhnologi terkini. Lokasi pabrik tersebut terletak di Provinsi Quang Ninh yang dilengkapi fasilitas penggilingan semen di daerah pinggiran kota Ho Chi Minh.

Thang Long Cement memiliki tambahan dua ijin pengembangan pabrik baru di provinsi Quang Ninh dan Binh Phuoc, Vietnam. SMGR dan Geleximco akan mengembangkan kedua pabrik tersebut melalui anak perusahaan Thang Long Cement.

"Tambahan dua pabrik tersebut merupakan potensi dalam meningkatkan kapasitas TLCC menjadi 6,5 juta ton. Tambahan aset tersebut akan meningkatkan secara signifikan jejak SMGR di kancah internasional," ujarnya.

Kerjasama ini, kata Dwi, akan menjadi tonggak bagi perluasan pertama yang SMGR lakukan di pasar regional dan menandai hubungan bilateral yang penting antara Indonesia dan Vietnam. [ast]

Komentar

x