Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 03:09 WIB

BJB Siap Akuisisi Perusahaan Asuransi Jiwa

Oleh : Charles Maruli Siahaan | Sabtu, 10 November 2012 | 11:58 WIB
BJB Siap Akuisisi Perusahaan Asuransi Jiwa
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PT BPD Jabar Banten Tbk (BJBR) akan membeli sebuah perusahaan asuransi jiwa.

"Kita sudah membentuk tim khusus akuisisi yang akan melihat-lihat asuransi mana yang cocok dengan bisnis BJB," ujar Direktur Utama BJB, Biem Subiantoro kepada INILAH.COM saat dihubungi Jumat (9/11/2012) malam.

Dia menyampaikan untuk rencana tersebut, BJB akan sangat berhati-hati sebelum melakukan due dilligence. Hal ini bertujuan agar perusahaan asuransi jiwa tersebut diyakini bisa sinergi dengan costumer base di BJB prioritas maupun tabungan.

"Jadi saat ini tim khusus akuisisi kami sedang mempelajarinya. Kalau sudah ada yang cocok, akuisisi akan segera dilakukan. Tapi kami juga tidak ingin tergesa-gesa melakukannya," tuturnya.

Untuk asuransi umum, Biem mengutarakan BJB sudah memiliki 40% saham di PT Asuransi Bangun Askrida (Askrida). Selain perusahaan asuransi BJB juga berencana mengakuisisi perusahaan sekuritas.

Baru-baru ini, BJB juga telah mengeluarkan dana hingga Rp 31 miliar untuk mengakuisisi tiga bank perkreditan rakyat (BPR). BJB mengakuisisi BPR Warung Pondang di Cianjur, BPR Garut Kota di Garut, dan BPR Jalan Sagak di Subang. Setelah akuisisi, aset ketiga BPR ini berada di posisi Rp60-80 miliar.

Menurut dia, sebenarnya ada tujuh BPR yang dilirik perseroan, namun, empat di antaranya tak lolos seleksi. "Kami menolak empat BPR itu karena modalnya minus akibat dananya dibawa kabur manajemen," ujar Bien. Keempat BPR yang dimaksud adalah BPR Majalengka, Indramayu, Bogor, dan Bekasi. [hid]

Komentar

Embed Widget
x