Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 10:09 WIB

Gema Goeyardi

Bearish Signifikan IHSG Semakin Dekat

Oleh : Ahmad Munjin | Senin, 5 November 2012 | 03:00 WIB
Bearish Signifikan IHSG Semakin Dekat
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Berdasarkan Astronacci Time Forecast, fase bearish IHSG yang signifikan bakal terjadi pada Selasa, 6 November 2012. Seperti apa?

Gema Goeyardi, Presiden Direktur dan Pendiri PT Astronacci International mengatakan, IHSG telah kehilangan momentum penguatannya. Namun, sentimen positif dari pasar domestik masih memberikan dorongan bagi harga untuk mengalami potensi penguatan secara temporer.

Untuk saat ini, Gema masih memberikan toleransi kenaikanIHSG untuk bergerak melanjutkan ekstensi penguatannya dengan area harmonic resistance pada maksimal ke level 4.450. "Tapi, pasar harus mulai mewaspadai pergerakan harga saat ini. Siklus Mercury Retrograde yang memiliki pengaruh bearish signifikan telah semakin dekat yakni pada Selasa, 6 November 2012. "Harga akan dapat mengalami kejatuhan secara tiba-tiba dalam dua hari perdagangan mendatang," katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Jumat (2/11/2012) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ^JKSE) ditutup menguat 3,53 poin (0,08%) ke posisi 4.338,892 dengan intraday tertinggi 4.345,617 dan terendah 4.322,826. Begitu juga dengan indeks saham unggulan LQ45 ^JKLQ45 yang naik 0,47 poin (0,06%) ke posisi 748,16. Berikut ini wawancara lengkapnya:

IHSG menguat tipis ke 4.338. Apa penjelasan Anda?

Pada Jumat kemarin, kita kembali melihat bahwa pergerakan IHSG cenderung sideways dalam formasi inside bar, setelah membentuk pin bar yang signifikan pada hari sebelumnya.

Apa artinya?

Hal ini menunjukan bahwa walaupun harga telah kehilangan momentum penguatannya, namun sentimen positif dari pasar domestik masih memberikan dorongan bagi harga untuk mengalami potensi penguatan secara temporer.

Bagaimana Anda melihat arah IHSG berikutnya?

Untuk saat ini, kita masih memberikan toleransi kenaikanIHSG untuk bergerak melanjutkan ekstensi penguatannya dengan area harmonic resistance pada maksimal ke level 4.450.

Apa saran Anda untuk para pemodal?

Pasar harus mulai mewaspadai pergerakan harga saat ini, di mana siklus Mercury Retrograde yang memiliki pengaruh bearish signifikan telah semakin dekat yakni pada Selasa, 6 November 2012. Harga akan dapat mengalami kejatuhan secara tiba-tiba dalam dua hari perdagangan mendatang.

Bagaimana strategi trading-nya?

Untuk Daily Trading Strategy, kita akan mulai mewaspadai pergerakan harga untuk segera memasuki fase pelemahannya. Karena itu, bagi Anda yang memiliki preferensi waktu jangka menengah dan panjang dapat segera melakukan pembersihan posisi pada portofolio Anda saat ini. Namun bagi para trader jangka pendek, Anda masih dapat memanfaatkan adanya momentum penguatan bagi saham-saham yang berpotensi mengejar area resistance terdekatnnya saat ini.

Sedangkan untuk Weekly Trading Strategy, saat ini, kita akan menunggu harga untuk segera menyelesaikan fase distribusi pada wave ke-5 dan memasuki fase koreksi pada skala yang lebih besar. Hal ini berarti kepada para mid-term dan long-term trader untuk dapat segera mengeluarkan posisinya dan merealisasikan keuntungan yang telah diakumulasikan.

Bisa dijelaskan lebih rinci dari sisi Price Analysis, Pattern Formation, dan Momentum Signal?

Price Analysis. Bersiaplah terhadap adanya potensi pelemahan bagi harga untuk memasuki fase koreksinya. Namun dalam dua hari ini, masih terbuka kesempatan bagi harga untuk bergerak menguat keluar dari formasi inside barnya. Pattern Formation. Harga masih bergerak dalam formasi konsolidasi inside bar. Momentum Signal. Indikator stokastik menunjukan sebuah crossover pada area netralnya, di mana hal ini menunjukan telah menguatnya bukti bahwa harga akan segera memasuki fase pelemahannya.

Dari sisi Astronacci Time Forecast?

Kita telah semakin mendekati siklus Mercury Retrograde yang memiliki probabilitas yang sangat tinggi dalam menghantarkan harga untuk memasuki fase pelemahan selanjutnya.

Komentar

Embed Widget
x