Find and Follow Us

Senin, 18 November 2019 | 23:02 WIB

Masih Banyak Kabar Baik di Lantai Bursa

Oleh : Bastaman | Kamis, 18 Oktober 2012 | 20:16 WIB
Masih Banyak Kabar Baik di Lantai Bursa
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Angin segar kembali bertiup dari bursa saham Amerika dan kawasan Asia Timur. Indeks Dow Jones dan Nasdaq kembali menguat sebesar 0,04% dan 0,10%. Tidak sebesar sehari sebelumnya, memang. Namun, gara-gara kiblat pasar dunia menghijau, maka perdagangan saham di berbagai negara pun ikut menguat. Tak terkecuali transaksi di Bursa Efek Indoensia (BEI).

Lihat saja, pada perdagangan Kamis (18/10/2012) indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 19,44 poin (0,45%) ke level 4.356,97. Ini berarti IHSG kembali memecahkan rekor baru. "Kalau melihat banyaknya sentimen positif, saya perkirakan indeks masih berpotensi untuk menguat," kata Purwoko Sartono, Analis Panin Sekuritas.

Purwoko mungkin benar. Soalnya, pekan ini dijawalkan 84 emiten S&P 500 merilis kinerja keuangannya untuk kuartal III-2012. Hingga saat ini sudah 38 emiten yang merilis kinerjanya, dimana 27 di antaranya berhasil mencatatkan kinerja yang lebih tinggi dari perkiraan. "Jika hasilnya positif, bursa global akan terangkat," ujar Purwoko.

Selain dari negeri Paman Sam, ada beberapa sentimen positif lainnya yang juga bakal mengairahkan perdagangan di bursa. Salah satunya adalah niat Jerman untuk membantu Spanyol. Sikap lunak Jerman itu mendorong Moodys untuk mempertahankan peringkat utang Spanyol. Industri Amerika yang tumbuh 0,4% selama September juga menjadi sentimen positif bagi bursa.

Kendati masih banyak kabar baik, para analis mengingatkan investor tidak mengenyampingkan kemungkinan lain yang bisa membuat indeks longsor. Salah satunya adalah aksi profit taking. Maklum, penguatan sejumlah saham membuat investor tergiur untuk merealisasikan keuntungan mereka. Makanya, menurut Pang Tek Djen, analis Sucorinvest Central Gani, investor jangan serakah dan menunggu capital gain yang tinggi.

Pang memperkirakan, beberapa hari ke depan indeks masih akan bergerak fluktuatif di rentang 4.3194.355. Sementara itu Purwoko memprediksi indeks akan bergerak di kisaran 4.310 4.357. [mdr]

Komentar

Embed Widget
x