Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 17:28 WIB

Tommy Yu

IHSG Bisa Capai All Time High 1-2 Pekan

Oleh : Ahmad Munjin | Senin, 30 Juli 2012 | 03:00 WIB
IHSG Bisa Capai All Time High 1-2 Pekan
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta IHSG dinilai masih terkungkung dalam resistance pertama 4.085-4.100. Jika terpecahkan, indeks bisa cetak rekor tertinggi baru. Saham-saham sektor keuangan jadi kunci. Seperti apa?

Technical analyst dari Jsxpro.com Tommy Yu mengatakan,jika gagal menembus resistance pertama, indeks berpeluang balik arahmelemah. Jika ini yang terjadi, Tommy merekomendasikan untuk jual. Sebaliknya, bila sanggup menembus resistance, dia rekomendasikan untuk buy atau hold portofolio yang telah dimiliki.

Menurutnya, kunciperdaganan dalam sepekan ke depan adalah di sektor perbankanatau finansial. Sektortersebut adalah penggerak indeks. "Bila sektor ini melaju, indeks bukan tidak mungkin akan mencapai All Time High kembali dalam 1-2 pekan kedepan," katanya kepada INILAH.COM.

Pada perdagangan Jumat (27/7/2012) Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG ^JKSE) ditutup menguat 79,44 poin (1,98%) ke angka 4.084,212 dengan intraday tertinggi 4.088,832 dan terendah 4.033,335. Begitu juga dengan indeks saham unggulan LQ45 ^JKLQ45 yang naik 18,23 poin (2,68%) ke angka 698,856.Berikut ini wawancara lengkapnya:

Akhir pekan lalu, IHSG menguat ke 4.084,21. Bagaimana penjelasan teknikalnya?

IHSG akhir pekan lalu ditutup menguat cukup signifikan dengan ditutup di level 4.084dengan volume transaksi sekitar Rp6,6 triliun. Dilihat dari tren dan pola chart-nya, secara teknikal tren IHSG sepanjang bulan Juli ini sideways.

Bila Anda perhatikan, indeks bergerak dalam batas bawah yakni support di 3.950-3.970dan batas atas yaitu resistancepertama di 4.085-4.100. Perclosing Jumat (27/7/2012), indeks berada di batas atas atau di level resistancepertamanya.

Apa artinya?

Indeks membentuk pola Double Top dengan area resistancepertama sebagai area top dan area support sebagai neckline.Jadi, IHSG berada di persimpangan.

Bagaimana Anda melihat arah IHSG dalam sepekan ke depan?

Indeks sanggup menembus level resistancepertama, indeks akan melaju ke target di resistancekedua 4.210-4.230.Sebaliknya, bila tidak kuat menembus resistancepertama, indeks akan balik arah menuju level support 3.950-3.970. Jadi di pekan ini akan menjadi pekan penentuan apakah indeks sanggup keatas atau balik arah.

Apa saran Anda untuk para pelaku pasar?

Bila balik arah, saya merekomendasikan untuk jual. Sebaliknya, bila sanggup menembus resistancesaya rekomendasikan untuk buy atau hold portofolio yang telah dimiliki.

Sektor apa yang jadi kunci perdagangan pekan ini?

Menurut saya kuncinya dalam sepekan ke depan adalah di sektor perbankanatau finansial. Sektortersebut adalah penggerak Indeks. Bila sektor ini melaju, indeks bukan tidak mungkin akan mencapai All Time High kembali dalam 1-2 pekan kedepan.

Saham-saham pilihan Anda?

Saya rekomendasi tujuh saham untuk perdagangan pekan ini. Bisa dilirik saham-saham perbankan seperti PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI.JK), PT Bank Mandiri (BMRI.JK), dan PT Bank Central Asia (BBCA.JK).

Di sektor ritel, bisa dilirik saham PT Mitra Adi Perkasa (MAPI.JK) dan PT Ramayana Lestari Sentosa (RALS.JK). Lalu, untuk semen dan Jalan tolTommy merekomendasikan PT Holcim Indonesia (SMCB.JK) dan PT Jasa Marga (JSMR.JK).

Bagaimana dengan saham-saham di sektor pertambangan dan properti?

Hindari sementara saham-saham tambang, energi dan properti.

Komentar

Embed Widget
x