Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 13:09 WIB

Korban Properti, Bankia Spanyol Dibailout Rp220 T

Oleh : Wahid Ma'ruf | Sabtu, 26 Mei 2012 | 12:05 WIB
Korban Properti, Bankia Spanyol Dibailout Rp220 T
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Madrid - Bank terbesar ke empat Spanyol, Bankia, telah meminta dana bantuan dari pemerintah sebesar 19 miliar euro atau sekitar Rp220 triliun.

Bankia juga merevisi kerugian yang dideritanya menjadi 2,98 miliar euro untuk tahun 2011. Pernyataan sebelumnya di bulan Februari mereka sempat menyatakan mengalami keuntungan sebesar 309 juta euro.

Jumat kemarin, perdagangan saham Bankia ditangguhkan di bursa efek Madrid di saat manajemen bank tengah membuat rencana restrukturisasi. Bankia pernah menerima dana bantuan karena pinjaman di sektor properti yang buruk. Demikian mengutip bbc.co.uk.

Setelah mengadakan rapat pimpinan Jumat (25/5/2012), induk usaha Bankia Banco Financiero y de Ahorro, BFA, meminta bantuan dana bank Spanyol, FROB, sebesar 19 miliar euro.

Bankia kemudian akan mengeluarkan modal sebesar 12 miliar euro yang akan ditanggung oleh BFA. Bank ini mengatakan bahwa kebijakan pemodalan kembali akan memperkuat solvabilitas, likuiditas dan stabilitas bank. Lembaga pemeringkat Standard and Poor's (S&P), juga telah menurunkan rating kredit Bankia dan empat bank Spanyol lainnya.

Komentar

x