Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 16:21 WIB

Saham JSMR Bakal Melaju Pesat

Oleh : Bastaman | Rabu, 23 Mei 2012 | 04:00 WIB
Saham JSMR Bakal Melaju Pesat
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pundi-pundi pendapatan PT Jasa Marga tampaknya bakal semakin gendut. Sebab, operator tol pelat merah itu dikabarkan akan menaikkan tarif di sejumlah jalan bebas hambatan yang dikelolanya.

Selain dari kenakan tarif, pendapatan BUMN ini juga dipastikan bakal terus meningkat seiring terus merangkak naiknya penjualan otomotif. Artinya, emiten berkode JSMR akan semakin kaya?

Itu pasti. Di semester I 2012 saja, Jasa Marga menikmati peningkatan volume kendaraan menjadi 284,6 juta unit atau naik 11,4% dibanding periode yang sama tahun lalu. Dampaknya, perolehan laba bersih JSMR naik 16,4%, dari Rp352,8 miliar menjadi Rp410,6 miliar. Dengan adanya kenaikan tarif dan volume kendaraan, pendapatan JSMR tahun ini diperkirakan menembus Rp1,7 triliun.

Cukup menjanjikan, memang. Hanya, bagi investor yang biasa bermain jangka pendek, seorang analis pasar modal menyarankan sebaiknya saham JSMR dihindari dulu. Sebab, saat ini pergerakannya cenderung melemah alias kurang lincah. "Paling naik turunnya hanya 2%-3%," katanya.

Lain lagi pendapat Alwy Assegaf, analis dari Universal Broker Indonesia. Ia memprediksi Jasa Marga tahun ini bakal mencatatkan kenaikan pendapatan lebih dari 15%. Kinerja saham JSMR juga cukup kinclong. Selama kuartal I-2012, saham JSMR naik 22,62% menjadi Rp5.150 per unit. Berdasarkan itulah, Alwy memberikan rekomendasi beli untuk JSMR.

Beberapa analis lainnya juga ada yang sependapat dengan Alwy. Kata mereka, tak ada salahnya membeli JSRM dengan memanfaatkan momentum kenaikan tarif dan traffic. "Toh kondisi bursa juga sedang sepi sentimen," katanya. Selain itu, saham ini juga pantas disimpan dalam jangka panjang. Apalagi, sebagai perusahaan milik negara, JSMR tergolong emiten yang royal membagikan dividen. [mdr]

Komentar

Embed Widget
x