Find and Follow Us

Sabtu, 14 Desember 2019 | 05:12 WIB

PGN 'Cuekin' Penyesuaian Harga Jual Gas

Oleh : Agustina Melani | Selasa, 22 Mei 2012 | 19:51 WIB
PGN 'Cuekin' Penyesuaian Harga Jual Gas
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Manajemen PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) menegaskan kinerja keuangan perseroan tidak terlalu berpengaruh dengan kenaikan harga jual gas yang telah dilakukan perseroan pada awal 2012.

"PT Perusahaan Gas Negara Tbk tidak mengambil keuntungan dari penyesuaian harga gas karena biaya kita naik 200%. Tetapi yang coba diupayakan mendapatkan gas yang dibutuhkan dan harga ekspor lebih bagus. Ini titik temu yang diperlukan," ujar Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk Hendi Prio Santoso, dalam konfrensi pers, Selasa (22/5/2012).

Hendi mengakui, penyesuaian harga jual gas memang membuat pelaku industri yang mengeluh. Dengan penyesuaian harga jual gas tersebut, Hendi mengharapkan pemerintah dapat memenuhi janji untuk memenuhi pasokan gas. Sebelumnya selama ini penjualan gas lebih besar untuk ekspor karena harga penjualan lebih tinggi. Hal itu juga diikuti dengan penjualan LNG.

Hendi menuturkan, penyesuaian harga jual gas tersebut dilakukan per wilayah agar menciptakan kesetaraan kepada para pelaku pasar. Selain itu, perseroan juga sedang melakukan konstruksi di Korea dalam rangka pembangunan FSRU Lampung. Kapasitas FSRU Lampung tersebut sebesar 170 ribu.

Untuk meningkatkan kinerja ke depan, Hendi mengatakan, pihaknya akan melakukan intensifikasi di hilir untuk diversifikasi kemitraan dengan pelaku niaga gas dan meningkatkan infrasktruktur untuk LNG dan CBM dalam waktu 5 tahun ke depan.

Perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp19,56 triliun pada 2011 dari tahun 2010 senilai Rp19,76 triliun. Laba bersih ke pemilik entitas induk senilaiRp5,93 triliun pada 2011 dari tahun 2010 senilai Rp6,23 triliun. [hid]

Komentar

x