Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 01:09 WIB

Semen Gresik Cari Partner Bangun Pabrik di Myanmar

Oleh : Mosi Retnanti Fajarwati | Selasa, 22 Mei 2012 | 18:39 WIB
Semen Gresik Cari Partner Bangun Pabrik di Myanmar
inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) menyiapkan investasi senilai Rp1 triliun untuk pembangunan pabrik di Myanmar. Rencananya, pembangunan pabrik ini akan mulai dilakukan pada tahun 2013.

Direktur Utama SMGR Dwi Soetjipto mengungkapkan, saat ini perseroan masih melakukan studi kelayakan pembangunan pabrik di Myanmar. "Kita masih mempelajari negara tersebut dan juga masih mencari partner untuk bangun pabrik itu. Kan di Myanmar belum ada pabrik semen," ungkapnya di Jakarta, Selasa (22/5/2012).

Ia berharap dapat menggandeng salah satu perusahaan Myanmar dalam bentuk perusahaan patungan (joint venture), terkait pembangunan pabrik ini. "Ya kita berharap bisa melakukan joint venture dengan perusahaan dalam negeri, seperti PT Wijaya Karya (WIKA) misalnya," ungkapnya.

Pabrik ini ditargetkan memiliki kapasitas produksi sebesar 600 ribu ton per tahun. Myanmar dipilih sebagai lokasi pembangunan pabrik barunya karena dinilai memiliki prospek cerah pada beberapa tahun ke depan.

"Ya berdasarkan studi yang kita lakukan saat ini, kita yakin bahwa dalam tiga tahun ke depan, akan bisa lebih maju dari yang sekarang karena Myanmar sendiri negaranya begitu terbuka," jelasnya.

Perseroan juga tengah mempertimbangkan akuisisi pabrik semen di Vietnam dengan kapasitas 1-2 juta ton. "Kalau di Vietnam tidak usah bangun pabrik karena disana sudah over supply. Mungkin kita akan akuisisi," ujar Dwi. [tjs]

Komentar

Embed Widget
x