Find and Follow Us

Jumat, 6 Desember 2019 | 23:20 WIB

Saham Facebook Tak Seheboh Dibayangkan

Sabtu, 19 Mei 2012 | 10:40 WIB
Saham Facebook Tak Seheboh Dibayangkan
IST
facebook twitter

INILAH.COM, New York Facebook sebagai perusahaan publik ternyata tidak seheboh yang dibayangkan. Begitu dicatatkan, Jumat (18/5/2012), saham Facebook terseok-seok meskipun sempat membuat kehebohan di menit-menit awal pembukaan perdagangan.

Saham Facebook dibuka dengan harga 11% di atas harga penawaran perdana US$38 per saham, hingga ke posisi US$45. Perdagangan saham ini sempat membuat Nasdaq kelabakan karena tidak bisa menampung banjirnya pesanan beli sehingga perdagangan dihentikan selama sekitar satu jam.

Namun, saham ini jatuh lagi hingga ke posisi US$38,32 per saham. Para penjamin emisi kemudian turun tangan mencegah kejatuhan lebih dalam agar tidak melewati US$38. Emisi Facebook dijamin oleh 33 perusahaan yang dipimpin oleh Morgan Stanley.

Pergerakan yang buruk ini tidak seperti yang dibayangkan dan diprediksi banyak kalangan. Saat pendiri Facebook Mark Zukerberg menekan bel perdagangan di bursa Nasdaq, sahamnya langsung naik. Penjamin emisi kemudian mengintervensi pasar dan mampu menahan saham itu di harga US$38,32.

Penawaran perdana saham Facebook merupakan yang terbesar ketiga di Amerika Serikat dan menghasilkan US$16 miliar. IPO ini menyaingi Visa di 2009 dan General Motor di 2010.

Financial Times melaporkan, analis dari Morningstar menyatakan bahwa valuasi perusahaan senilai US$104 miliar menjadi penyebabnya. Sebab, nilai itu tidak diimbangi dengan kondisi pasar yang tengah bearish gara-gara krisis Eropa. [tjs]

Komentar

Embed Widget
x