Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 September 2018 | 00:06 WIB

Dua Pekan, BUMI Tanpa Pergerakan

Oleh : Agustina Melani | Minggu, 25 Maret 2012 | 09:01 WIB

Berita Terkait

Dua Pekan, BUMI Tanpa Pergerakan
IST

INILAH.COM, Jakarta Sepekan kemarin, saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) masih tidak bergerak, melengkapi stagnasi dua pekan berturut-turut yang dialami emiten tambang batu bara ini.

Pengamat pasar modal Willy Sanjaya menuturkan,selama sepekan ini belum ada sentimen baru yang mempengaruhi pergerakan saham BUMI, sehingga emiten ini cenderung tidak bergerak.

"Sepekan ini belum ada sentimen baru yang mempengaruhi pergerakan saham BUMI," ujar Willy, saat dihubungi INILAH.COM, Kamis (22/3/2012).

BUMI pada perdagangan Kamis (22/3/2012) kemarin ditutup di level Rp2.425. Posisi ini sudah ditempati sejak dua pekan lalu, yakni Senin (12/3/2012).

Menurutnya, para pelaku pasar memilih bersikap wait and see. Mereka mencermati laporan keuangan BUMI 2011 yang segera dirilis.

Selain itu, ada isu yang berkembang bahwa BUMI akan digabungkan dengan PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU). "Pelaku pasar modal pun cenderung menunggu aksi korporasi yang akan dilakukan perseroan,"katanya.

Disebutkan, bahwa BUMI akan melakukan merger dengan BRAU. Penyatuan anak usaha dari Bumi Plc, perusahaan yang tercatat di Bursa Efek London ini, menyusul niat Samin Tan yang akan menyederhanakan struktur Bumi Plc, termasuk penggabungan beberapa aset.

Adapun Samin Tan akan diangkat menjadi chairman Bumi Plc menggantikan Indra Bakrie, yang mendapat posisi co-chairman menggantikan Nathaniel Rothschild.

Terkait hal ini, riset Mandiri Sekuritas sempat menjabarkan dua skenario. Pertama, pertukaran saham BRAU dan BUMI, dimana BUMI bisa menerbitkan saham baru, sehingga kepemilikan saham Bumi Plc di Bumi Resources meningkat dari saat ini 29%.

Sedangkan skenario kedua adalah pengambilalihan BRM oleh Bumi Plc, serta merger antara PT Borneo Lumbung Enetgi & Metal Tbk (BORN), perusahaan milik Samin Tan, dengan BUMI atau Bumi Plc. [ast]

Komentar

x