Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Januari 2018 | 00:36 WIB

China Catat Penurunan Perdagangan dengan Korut

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 12 Januari 2018 | 14:54 WIB
China Catat Penurunan Perdagangan dengan Korut
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Beijing - China melaporkan mengalami penurunan tajam dalam perdagangan dengan Korea Utara pada 2017.

Perdagangan keseluruhan antara kedua negara untuk tahun ini turun 10,5 persen dibandingkan tahun 2016, kata juru bicara Administrasi Umum Bea Cukai, Zheng Songping pada hari Jumat di sebuah konferensi pers, Jumat (12/1/2018) seperti mengutip cnbc.com.

Untuk bulan Desember 2017, perubahan itu bahkan lebih dramatis: Keseluruhan perdagangan untuk bulan tersebut turun 50,6 persen dari periode yang sama tahun 2016.

Pada bulan Desember, impor China dari Korea Utara merosot 81,6 persen dari tahun lalu menjadi US$54,34 juta, menandai tingkat terendah dalam empat tahun, menurut catatan Reuters. Ekspor China ke negara tertutup turun 23,4 persen menjadi US$260 juta pada periode yang sama.

Data perdagangan hari Jumat mencerminkan hubungan yang dingin antara Beijing dan Pyongyang.

Sebagai mitra dagang terbesar Korea Utara dan sumber bantuan utama, China memegang pengaruh atas negara paria. Namun hubungan bilateral, yang kembali ke Perang Korea, telah melemah sejak Korea Utara mulai menguji senjata nuklir pada tahun 2006 dan Beijing telah bergabung dengan masyarakat internasional dalam mendukung sanksi PBB.

Baru-baru ini, di bawah tekanan berat dari Washington, ekonomi terbesar kedua di dunia telah semakin memberangus sekutu historisnya. Beijing telah melarang kreditor dalam negeri melakukan bisnis dengan klien Korea Utara selain menghentikan ekspor tertentu sesuai dengan sanksi internasional.

Komentar

 
x