Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 18:32 WIB

Inilah Tujuan Penerbitan Market Standard

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 12 Januari 2018 | 13:41 WIB

Berita Terkait

Inilah Tujuan Penerbitan Market Standard
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Perhimpunan Pedagang Surat Utang atau disingkat Himdasun menerbitkan aturan standar atau market standard untuk transaksi repo atas efek bersifat utang.

Tujuan terbitnya market standar ini guna memberikan acuan dan pedoman dalam bertransaksi repo, memperdalam pasar keuangan, serta meningkatkan profesionalisme pelaku pasar.

Ketua Himdasun Farida Thamrin mengatakan bahwa penyusunan acuan transaksi repo untuk surat ini telah disusun sejak tahun 2017 dengan melibatkan pelaku pasar utang, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan konsultan ahli dari Asian Development Bank (ADB).

"Market standard diharapakan mampu memberikan pemahaman bagi para pelaku pasar, memahami mekanisme transaksi repo, meningkatkan volume dan menerapkan standar," kata Farida di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Sementara itu Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen mengatakan Pasar Repo yang "dalam" dan "likuid" akan membantu pengembangan Pasar Modal dan peningkatan sektor riil.

"Mengintegrasikan pasar obligasi dengan pasar repo di Indonesia akan mendorong pengembangan alternatif sumber pembiayaan dan mengurangi ketergantungan pada pinjaman bank," kata Hoesen.

Selain itu, pasar repo yang berkembang akan menjadikan pasar obligasi lebih aktif dan likuid, mendukung pengembangan produk derivatif Efek bersifat utang sebagai sarana hedging, serta dapat menyediakan alternatif investasi bagi ini.

Hoesen juga bilang market standard ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang sama antarpelaku pasar atas transaksi Repo sehingga dapat meningkatkan profesionalisme, integritas dan kepercayaan antar pelaku pasar, serta mengurangi resiko sistemik di sektor jasa keuangan.

"Semoga peluncuran market standard transaksi repo atas efek bersifat utang akan diikuti dengan adanya penerbitan market standard transaksi repo atas efek bersifat ekuitas," katanya. [hid]

Komentar

x