Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Januari 2018 | 18:21 WIB

Inilah Beban Bursa Saham Asia

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 20 Desember 2017 | 10:02 WIB
Inilah Beban Bursa Saham Asia
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Tokyo - Saham Asia melemah pada awal perdagangan Rabu (20/12/2017), mengikuti penutupan Wall Street yang bervariasi. Kalender data ekonomi yang dijadwalkan untuk wilayah ini relatif ringan, dan investor kemungkinan akan mengawasi pemungutan suara Senat yang diharapkan atas tagihan pajak AS.

Nikkei 225 membalikkan kenaikan awal menjadi turun 0,13 persen karena bank dan rumah perdagangan naik. Saham teknologi beragam, dengan Nintendo meluncur 1,31 persen. Japan Display melonjak 6,61 persen menyusul laporan media lokal bahwa dalam pembicaraan investasi berpotensi mendapat di atas 200 miliar yen setara dengan US$1,8 miliar dari tiga perusahaan China, Reuters mengatakan.

Automaker Subaru merosot 5,08 persen setelah perusahaan tersebut mengakui sebuah laporan bahwa inspektur yang belum disertifikasi melakukan inspeksi kendaraan. Subaru mengatakan akan menerapkan langkah-langkah untuk memulihkan kepercayaan publik terhadap perusahaan. Sisa sektor otomotif Jepang adalah gambaran yang beragam.

Sementara itu, indeks Kospi Korea Selatan sedikit berubah. Indeks tersebut naik 0,06 persen karena kenaikan pada nama manufaktur mengimbangi kerugian pada nama blue-chip di sektor lain. Samsung Electronics tergelincir 0,62 persen, Hyundai Motor kehilangan 0,65 persen dan Posco naik 1,53 persen.

Peritel Korea Selatan lebih rendah pada perdagangan pagi setelah surat kabar Korea Selatan JoongAng Ilbo melaporkan bahwa visa ke Korea Selatan untuk kelompok tur China telah dilarang sekali lagi. Lotte Shopping turun 1,02 persen dan raksasa kosmetik Amorepacific turun 2,07 persen.

Untuk ineks ASX 200 beringsut lebih tinggi, naik 0,06 persen, dengan keuntungan terlihat di ruang sumber daya. Perusahaan pertambangan melanjutkan kenaikan mereka, dengan Rio Tinto naik 0,54 persen dan Atlas Iron melonjak 10 persen. Sub-indeks telekomunikasi dan utilitas turun masing-masing 0,71 persen.

Pasar di China lebih besar diperdagangkan sedikit lebih rendah. Indeks Hang Seng sebagian besar stabil, diperdagangkan turun 0,03 persen setelah memperoleh lebih dari 200 poin pada sesi terakhir. Indeks Daratan mencatat kerugian moderat: Komposit Shanghai kehilangan 0,18 persen dan Komposit Shenzhen turun tipis 0,35 persen.

Anggota Partai Republik harus memberikan suara pada tagihan pajak GOP lagi setelah menyetujui rencana untuk mereformasi sistem perpajakan A.S. dengan selisih 227-203 lebih awal pada hari Selasa. Do-over diperlukan karena tiga ketentuan dalam RUU tersebut tidak memenuhi peraturan prosedural.

Senat kemungkinan akan menghapus tagihan - yang mencakup ketentuan yang akan melihat pemotongan tarif pajak perusahaan dari 35 persen menjadi 21 persen pada 2018 - kemudian pada hari Selasa AS waktu. DPR, sementara itu, diharapkan memberikan suara pada RUU yang direvisi pada hari Rabu.

Wall Street turun pada akhir perdagangan Selasa (19/12/2017) setelah mencapai rekor penutupan dalam sesi sebelumnya berturut-turut. Di antara pergerakan penting dalam sesi tersebut adalah turunnya 1,1 persen saham Apple setelah raksasa teknologi tersebut diturunkan oleh Nomura Instinet.

Rata-rata industri Dow Jones turun tipis 0,15 persen atau 37,45 poin, ditutup pada 24.754,75. Indeks utama lainnya mencatat kerugian yang sedikit lebih curam, dengan komposit saham teknologi berat Nasdaq turun 0,44 persen menjadi berakhir pada 6.963,85.

Indeks dolar, yang melacak mata uang AS terhadap enam mata uang utama, sedikit berubah, diperdagangkan pada 93,436 pada pukul 9:58 pagi HK / SIN. Dibandingkan dengan saham, greenback telah memiliki reaksi lemah terhadap optimisme reformasi pajak, meskipun indeks dolar telah dimulai minggu ini di sekitar pegangan 94.

Terhadap yen, dollar flat di 112.88.

Di pasar energi, harga minyak menguat karena pasar berfokus pada penutupan pipa Forties di Laut Utara. Investor juga menunggu informasi resmi mengenai stok A.S. setelah American Petroleum Institute mengatakan pada hari Selasa bahwa persediaan telah menurun lebih dari perkiraan.

Minyak mentah A.S. naik 0,33 persen menjadi diperdagangkan pada $ 57,75 per barel. Harga minyak mentah Brent naik 0,16 persen menjadi diperdagangkan di $ 63,90, seperti mengutip cnbc.com.


Sementara itu, bitcoin menyelam selam pada hari perdagangan A.S. hari Selasa, kehilangan $ 1.000 dalam rentang waktu satu jam. CME dan Cboe bitcoin futures juga melemah di sesi terakhir. Langkah yang lebih rendah juga terjadi saat platform bitcoin Coinbase mulai membiarkan pengguna menukar kaset bitcoin.

Pada pukul 10.25 pagi HK / SIN, kriptocurrency memperpanjang kerugian untuk diperdagangkan pada $ 16,739.69, menurut situs industri CoinDesk. Itu telah jatuh serendah $ 15,577.74 sebelumnya.
Berita perusahaan

Saham Fosun International yang terdaftar di Hong Kong turun 0,49 persen menyusul sebuah laporan Reuters bahwa konglomerat tersebut ingin membeli saham mayoritas di perusahaan pakaian dalam Italia La Perla.

Bahan Mitsubishi pada hari Selasa mengatakan telah menemukan masalah tambahan terkait skandal fabrikasi data di perusahaan tersebut.

Komentar

 
x