Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Januari 2018 | 19:56 WIB

Kemenperin Minta PGN Turut Tumbuhkan Industri 5,6%

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Kamis, 14 Desember 2017 | 03:22 WIB
Kemenperin Minta PGN Turut Tumbuhkan Industri 5,6%
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Perindustrian mendorong badan usaha di sektor energi untuk turut berpartisipasi mencapai target pertumbuhan industri 2018 yang ditetapkan sebesar 5,67%.

Saat ini, salah satu badan usaha yang berkomitmen menyalurkan kebutuhan energi untuk pelanggan industri adalah PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN).

Haris Munandar, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrianmenuturkan, salah satu penopang pertumbuhan industri adalah sektor non migas. Sektor ini menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia karena mampu memberikan efek turunan yang luas ke masyarakat.

Selain bisa meningkatkan penyerapan tenaga kerja, suatu kawasan industri bisa menggerakkan investasi dan meningkatkan nilai ekspor.

"Pada kuartal III 2017, realisasi pertumbuhan industri Indonesia 5,49% di atas realisasi pertumbuhan ekonomi 5,06%. Tahun 2018 kami targetkan 5,67 persen," kata Haris dalam keterangan resminya kepada media di Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI)Kemenperin ini menambahkan, optimisme instansinya bahwa kinerja industri manufaktur bisa meningkat tahun depan akan ditopang oleh beberapa sektor yaitumakanan dan minuman, pupuk dan petrokimia, kertas dan bubur kertas, farmasi, logam dasar, alat angkut, dan elektronika.

"Untuk dapat menjamin sektor-sektor industri itu bisa bekerja maksimal, diperlukan ketahanan dan jaminan pasokan energi yaitu gas dan listrik," ujarnya.

Adi Munandir, Head of Marketing and Product Development Division PGN mengatakan, PGN siap mengamankan pasokan gas bumi untuk membantu pemerintah mencapai target pertumbuhan industri tahun depan. "Kami siap membantu pemerintah dalam pengelolaan gas bumi terintegrasi," kata Adi.

Menurut Adi, perencanaan dan aksi industri yang terintegrasi dengan distribusi gas bumi menjadi salah satu cara untuk menjaga pertumbuhan industri dalam jangka panjang.

"Hanya dengan kebijakan gas terintegrasi, maka gas domestik bisa dimanfaatkan secara optimal untuk industri dalam negeri, sekaligus bisa mendukung terciptanya pasar baru," jelas Adi.

Menurut Adi, PGN juga sudah menyiapkan PGN 360degree integrated solution, dengan mengembangkan lini bisnis perusahaan di semua mata rantai distribusi mulai dari penyediaan, infrastruktur, pemanfaatan, dan layanan pendukungnya bagi pelanggan kami. [jin]

Tags

Komentar

 
x