Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 10:31 WIB

PDB Australia Tumbuh di Bawah Ekspektasi

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 6 Desember 2017 | 14:50 WIB
PDB Australia Tumbuh di Bawah Ekspektasi
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Sydney - Perekonomian Australia tumbuh pada laju yang lebih lambat dari yang diperkirakan pada kuartal ketiga.

Ini memberi perhatian pada kekhawatiran para ekonom tentang ekspansi yang lamban. Sebab bisnis mencatat keuntungan yang kuat sementara konsumen dengan kuat membatasi belanja.

Perekonomian tumbuh 0,6% pada kuartal ketiga dari kuartal kedua, dan 2,8% jika dibandingkan dengan tahun lalu, Biro Statistik Australia mengatakan pada hari Rabu. Para ekonom memperkirakan pertumbuhan 0,7% selama kuartal tersebut dan 3,0% sepanjang tahun seperti mengutip cnbc.com.

Di satu sisi, perusahaan Australia mengalami kondisi perdagangan terbaik dalam 20 tahun, mencatat keuntungan yang kuat dan menambahkan staf penuh waktu pada klip yang kuat. Tapi di sisi lain, ada awan di atas konsumen Australia di tengah rekor hutang rumah tangga, pertumbuhan upah rendah tahun, dan baru-baru ini, melunaknya harga rumah.

Penjualan ritel telah melemah sejak pertengahan tahun, perhatian utama mengingat belanja konsumen mewakili 60% dari perekonomian.

Biro statistik mengatakan pada hari Rabu bahwa 17 dari 20 industri mencatat pertumbuhan positif di kuartal tersebut, namun pengeluaran rumah tangga hampir rata.

Ekonom memperkirakan laju pertumbuhan akan moderat pada 2018, karena Australia tertinggal dari kenaikan pertumbuhan global, dengan tingkat suku bunga yang tersisa pada rekor terendah saat ini sampai 2019. Reserve Bank of Australia mempertahankan suku bunga yang ditahan pada hari Selasa dan telah mengindikasikan di sana sedikit dorongan untuk membesarkan mereka dalam waktu dekat.

Komentar

 
x