Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 10:19 WIB

Bursa Asia Lanjutkan Pelemahan, Ini Pemicunya

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 6 Desember 2017 | 11:34 WIB
Bursa Asia Lanjutkan Pelemahan, Ini Pemicunya
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Tokyo - Pasar Asia sebagian besar jatuh di seluruh papan pada awal perdagangan Rabu (6/12/2017), menyusul penurunan semalam di saham A.S. S & P 500 mencatat penurunan beruntun tiga hari pertama sejak Agustus.

ASX 200 Australia turun 0,42 persen karena sektor bahan dan energi masing-masing turun 1,54 persen dan 1,52 persen. Penambang utama melemah seperti saham Rio Tinto turun 2,34 persen, Fortescue Metal turun 1,4 persen dan BHP kehilangan 1,87 persen. Penambang junior juga turun, dengan saham South32 tergelincir 4,14 persen.

Selain bursa tembaga berjangka di Shanghai turun 3 persen, mengikuti penurunan harga di London, pada dini hari perdagangan Asia, harga tembaga di London turun beberapa 4,31 persen. Beberapa pedagang menganggap penurunan profit taking di pasar.

Nikkei 225 Jepang turun 1,59 persen sementara indeks Topix turun 1,2 persen. Di Selat Korea, Kospi tergelincir 0,61 persen. Di Hong Kong, indeks Hang Seng diperdagangkan turun 1,27 persen. Pasar daratan China juga lebih rendah, dengan komposit Shanghai turun 0,6 persen dan komposit Shenzhen turun 0,27 persen.

"Risk appetite terus berkurang hingga pertengahan minggu, dengan indeks Wall Street utama mengurangi kenaikan," analis di OCBC Bank Singapura menulis dalam sebuah catatan pagi seperti mengutip cnbc.com. "Untuk saat ini, pengamat pasar tampaknya tetap berhati-hati dalam melihat ketidakpastian lebih lanjut mengenai hasil perundingan Brexit dan penghentian sementara pemerintah pusat di hari Jumat untuk Amerika harus negosiasi gagal."

Saham Samsung Heavy Industries turun sebanyak 28 persen pada pukul 11.55 waktu HK / SIN. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya merencanakan 1,5 triliun penawaran saham Korea ($ 1,38 miliar) pada Mei 2018, menurut Reuters. Rights issue tersebut ditujukan untuk memperbaiki struktur keuangan perusahaan dan untuk mengalokasikan saham baru kepada pemegang saham yang ada, layanan kawat tersebut melaporkan.

Pihak perusahaan tersebut mengatakan dalam sebuah peraturan yang menyatakan bahwa mereka memperkirakan kerugian operasional sebesar 240 miliar won atau setara dengan US$220 juta tahun depan, dari kerugian 490 miliar tahun ini.

Di pasar mata uang, dolar diperdagangkan di 93.269 melawan sekeranjang mata uang lainnya pada pukul 11:56 pagi HK / SIN. Greenback naik dari level di bawah 92.700 yang dicapai akhir pekan lalu, namun turun dari ketinggian semalam di 93.488.

Beberapa mengaitkan pergerakan dolar dengan perkembangan di A.S. yang dapat melihat pemerintahan Presiden Donald Trump berpotensi menyegel kemenangan legislatif pertama yang pertama.

Pasar melacak kemajuan yang dibuat oleh anggota parlemen A.S. untuk menyampaikan sebuah RUU yang akan merombak sistem pajak Amerika. Selama akhir pekan, Senat telah melewati versi rencananya.

Sekarang DPR dan anggota parlemen Senat harus mengeluarkan beberapa perbedaan dan menyetujui sebuah RUU final untuk dikirim ke Trump.

Di antara mata uang utama lainnya, yen Jepang diperdagangkan di 112,21 sementara euro berada di $ 1,1843. Dolar Australia berada di $ 0,7582, tergelincir dari ketinggian sebelumnya di $ 0,7616 setelah data produk domestik bruto kuartal ketiga negara tersebut merosot tipis.

Harga minyak turun pada hari Rabu di perdagangan Asia, meskipun pada penutupan yang lebih tinggi semalam karena para pedagang memperkirakan penurunan dalam persediaan minyak mentah A.S.

Reuters melaporkan bahwa analis memperkirakan data dari American Petroleum Institute dan Administrasi Informasi Energi pemerintah AS untuk menunjukkan stok minyak mentah turun 3,4 juta barel pekan lalu.

Minyak mentah AS turun 0,36 persen pada US$57,41, dan patokan global Brent turun 0,35 persen menjadi US$62,64 per barel.

Di tempat lain, ekonomi Australia tumbuh 0,6 persen dalam penyesuaian musiman untuk kuartal September, menyusul kenaikan 0,9 persen pada periode April-Juni, menurut Biro Statistik negara. Angka itu, nyaris merindukan prediksi pasar untuk pertumbuhan 0,7 persen di kuartal tersebut.

Pada hari Selasa, Reserve Bank of Australia mempertahankan tingkat suku bunga tidak berubah pada rekor terendah 1,5 persen. Dalam pernyataan kebijakannya, bank sentral mengatakan, ekonomi diperkirakan akan tumbuh rata-rata sekitar 3 persen dalam beberapa tahun ke depan, dengan prospek investasi bisnis non-pertambangan yang meningkat dan peningkatan investasi infrastruktur publik.

Juga di map: Reserve Bank of India akan mengumumkan keputusan kebijakannya pada pukul 5 pagi. HK / SIN.

Analis DBS mengatakan dalam sebuah catatan pagi bahwa "keputusan terus-menerus sebagian besar dipanggang." Sebaliknya, apa yang akan menjadi fokus bagi pengamat pasar akan menjadi panduan kebijakan bank sentral "dibagi antara bias netral atau hawkish," tulis para analis.

Di tempat lain, bitcoin pecah di atas $ 12.000 untuk pertama kalinya pada hari Rabu pagi karena kripto yang terus berlanjut berlanjut lebih tinggi.

Komentar

 
x