Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 10:27 WIB

Bitcoin adalah Spekulasi Berbahaya

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 5 Desember 2017 | 13:07 WIB
Bitcoin adalah Spekulasi Berbahaya
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Dengan harga bitcoin bergerak menuju US$12.000, seorang ekonom papan atas mengirim peringatan keras kepada investor: Kriptokokus berada dalam "gelembung spekulatif berbahaya".

"Ini adalah konsep yang beracun bagi investor," kata Stephen Roach, ekonom senior Yale University dan mantan ketua Asia dan kepala ekonom di bank investasi Morgan Stanley, seperti mengutip cnbc.com.

Roach, yang digambarkan oleh Yale sebagai salah satu ekonom paling berpengaruh di Wall Street, menghabiskan sebagian besar karir 30 tahun di Morgan Stanley untuk memimpin tim ahli ekonomi yang sangat dihormati di seluruh dunia.

Dia benar-benar kritis terhadap ledakan membeli kripto yang paling populer di dunia. "Ini adalah gelembung spekulatif berbahaya oleh bayangan atau benturan imajinasi," katanya

"Saya belum pernah melihat grafik keamanan dimana harga benar-benar memiliki pola vertikal untuk itu. Dan bitcoin adalah pola paling vertikal yang pernah saya lihat dalam karir saya," tambahnya.

Bitcoin telah melonjak lebih dari 1.000 persen tahun ini, dipercepat oleh meningkatnya minat investor ritel dan institusi yang memandang mata uang digital sebagai sarana pertukaran dan penyimpanan nilai masa depan yang memungkinkan.

Pertukaran utama seperti CME dan CBOE juga melegitimasi kredensial investasi mata uang tersebut dengan mengatakan bahwa mereka berencana untuk memperkenalkan kontrak berjangka ke bursa masing-masing, kemungkinan akan mendukung harga lebih lanjut.

Roach menyarankan agar legitimasi pertukaran membuat bitcoin "agak berbahaya" bagi investor, mengingat apa yang dia gambarkan sebagai "kurangnya nilai ekonomi dasar intrinsik terhadap konsep ini."

Banyak investor mengaku tidak memahami teknis instrumen atau teknologi blockchain yang mendasari keberadaannya, dengan harapan bisa memanfaatkan ekspektasi bahwa investasi bitcoin hanya akan terus meningkat. "Seperti semua gelembung, mereka meledak," kata Roach.

"Mereka turun, dan orang yang melakukan investasi terakhir paling banyak terluka, tidak ada pertanyaan lagi tentang hal itu."

Komentar

 
x