Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 10:24 WIB

PT Pelita Samudera Beli Satu Unit Kapal Usai IPO

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 5 Desember 2017 | 11:36 WIB
PT Pelita Samudera Beli Satu Unit Kapal Usai IPO
(Foto: Inilahcom/M Fadil Dj)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Pelita Samudera Shipping menjelaskan sebanyak 60% dari total dana hasil IPO akan digunakan untuk membeli satu unit kapal mother vessel senilai US$8 juta guna meningkatkan kapasitas armada.

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayaran ini, secara resmi melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (5/11/2017).

Dengan begitu perseroan resmi menjadi emiten ke-31 di 2017, atau ke-564 yang sudah mencatatkan saham di bursa dengan kode saham PSSI. "Kami akan membeli satu kapal pada tahun ini, sesuai dengan capex yang ada sekitar US$8 juta yang akan direalisasikan pada awal tahun 2018," kata Direktur Utama Pelita Samudera Shipping, Iriawan Ibarat di Gedung BEI Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Perusahaan pun telah menandatangani memorandum of agreement(MOA) dengan Creativity Navigation Co Pte Ltd pada 11 Oktober 2017 lalu untuk rencana ini.

Sedangkan, sekitar 20% dari total raihan IPO akan digunakan untuk melunasi sebagian utang kepada Bank UOB Singapura sebesar US$2 juta. Sisanya, yaitu 20% untuk membiayai modal kerja, antara lain pembelian bahan bakar, suku cadang, dan pemeliharaan.

Iriawan menambahkan langkah IPO ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk tumbuh yang berkelanjutan dipenyedian jasa solusi logistik dan transportasi yang terintegrasi untuk para penambang dan para pelaku industri batubara.

"Perseroan akan secara berkesinambungan melakukan investasi di kapal tunda dan kapal tongkang dan fasilitas muatan apung, ekspansi dikapal besar dan kapal tanker," kata Iriawan.

Perusahaan akan meraup dana segar lebih dari Rp150,9 miliar dari proses hajatan IPO tersebut. Perusahaan sudah menunjuk PT BCA Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi efek (underwriter). [hid]

Komentar

 
x