Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 10:28 WIB

Melantai Bursa, Saham PSSI Langsung Meroket 68%

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 5 Desember 2017 | 10:47 WIB
Melantai Bursa, Saham PSSI Langsung Meroket 68%
PT Pelita Samudera Shipping - (Foto: Inilahcom/M Fadil Dj)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Pelita Samudera Shipping secara resmi melakukan pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pagi ini.

Dengan begitu perseroan resmi menjadi emiten ke-31 di 2017, atau ke-564 yang sudah mencatatkan saham di bursa dengan kode saham PSSI.

Langkah IPO perseroan di pasar modal dengan melepas saham sebanyak-banyaknya 1,006 miliar saham. Nilai nominal saham yang dipatok dengan harga Rp100 per saham, sedangkan harga penawaran resmi IPO yang dilepas ke publik sebesar Rp135 per saham.

Ketika pertama kali diperjuabelikan tepat pukul 09.00 Wib saham PSSI langsung meroket tajam dijalur hijau ke level Rp228 per saham atau naik 68% atau 93 poin dari harga penawaran saham di level Rp135 per saham.

Direktur Utama PSSI Iriawan Ibarat mengatakan langkah IPO ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk tumbuh yang berkelanjutan dipenyedian jasa solusi logistik dan transportasi yang terintegrasi untuk para penambang dan para pelaku industri batubara.

"Perseroan akan secara berkesinambungan melakukan investasi di kapal tunda dan kapal tongkang dan fasilitas muatan apung, ekspansi dikapal besar dan kapal tanker," kata Iriawan.

Perusahaan akan meraup dana segar lebih dari Rp150,9 miliar dari proses hajatan IPO tersebut. Perusahaan sudah menunjuk PT BCA Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi efek (underwriter).

Dana segar dari hasil IPO setelah dikurangi biaya emisi, sebesar 60% akan digunakan untuk belanja modal perusahaan, sebesar 20% untuk membayar utang kepada Bank UOB Singapura, dan sisanya 20% alam digunakan untuk membiayai modal kerja, seperti pembelian bahan bakar, suku cadang, dan pemeliharaan. [hid]

Komentar

 
x