Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 06:46 WIB

Bursa Saham Eropa Bergerak Positif

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 4 Desember 2017 | 15:58 WIB
Bursa Saham Eropa Bergerak Positif
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Pasar Eropa lebih tinggi pada hari Senin pagi (4/12/2017). Investor mencerna berita bahwa Senat AS secara sempit mengeluarkan tagihan pajak utama selama akhir pekan.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 naik sekitar 0,67 persen selama transaksi pagi-pagi, dengan hampir semua sektor dan bursa utama di wilayah positif, seperti mengutip cnbc.com.

Saham otomotif Eropa, yang memiliki eksposur besar ke AS, meningkat lebih dari 1 persen pada Senin pagi setelah Senat AS mengeluarkan sebuah paket pajak yang memberikan stimulus fiskal yang signifikan.

Melihat saham individu, perusahaan asuransi terbesar di Denmark, Tryg, mengatakan telah sepakat untuk membeli pesaing tak terdaftar Alka Forsikring seharga $ 1,31 miliar pada hari Senin. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya ingin meningkatkan kehadirannya di pasar asuransi properti dan kecelakaan. Saham Tryg lebih tinggi 3 persen lebih tinggi dari berita tersebut.

Sementara itu, Dialog Semiconductor merosot ke dasar benchmark pada Senin pagi. Pembuat microchip Jerman tersebut mengatakan bahwa pelanggan utamanya Apple segera bisa memilih untuk menggunakan chip pengelolaan tenaga sendiri. Namun, Dialog Semiconductor mengatakan seharusnya tidak kehilangan bisnis chip Apple pada 2018. Sahamnya lebih dari 10 persen lebih rendah.
Kebuntuan kebuntuan

Melihat kinerja pasar di luar negeri, pasar Asia diperdagangkan relatif beragam, sementara dolar AS menguat tajam, dengan rata-rata industri Dow Jones mulai menguat lebih dari 200 poin pada hari Senin.

Langkah di masa depan AS dikreditkan ke berita terkait kembali ke hari Sabtu pagi, ketika anggota Partai Senat berhasil melewati sebuah RUU, untuk merombak sistem pajak negara tersebut. Pemungutan suara terakhir keluar sebagai 51-49 yang menguntungkan. Namun, GOP harus mengatasi hambatan agar Senat dan DPR menyusun RUU bersama, dengan Republik berharap kesepakatan akan tercapai pada Natal.

Beralih kembali ke Eropa, topik Brexit akan muncul kembali Senin untuk menggoyang sentimen pasar. Pekan ini, negosiator U. dan Uni Eropa diharapkan bertemu dan memecahkan kebuntuan seputar perundingan Brexit.

Uni Eropa telah memberikan Perdana Menteri Inggris Theresa May sampai Senin, untuk mengajukan penawaran yang lebih komprehensif ketika sampai pada isu perceraian Brexit tertentu. Menurut Reuters, pejabat dan diplomat Uni Eropa telah mengatakan bahwa mereka telah menjadi lebih optimis bahwa sebuah kesepakatan dapat dipukul pada hari Senin, namun tetap waspada terhadap kemungkinan masalah yang mungkin timbul.

Sementara harga minyak naik di belakang kesepakatan OPEC pekan lalu, harga diperdagangkan pada hari Senin yang cerah, menyusul berita bahwa pengebor shunt A.S. telah menambahkan lebih banyak rig pada minggu sebelumnya.

Komentar

 
x