Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Januari 2018 | 20:06 WIB
Hightlight News

IHSG Masih Bisa Menguat, Tapi ..

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 4 Desember 2017 | 06:15 WIB

IHSG Fokus Liburan

Wall Street Memerah

IHSG Fokus Liburan
facebook twitter

Sementara dari dalam negeri, IHSG turun tajam jelang libur long weekend. IHSG ditutup anjlok 109,22 poin (-1,8%) ke posisi 5.952,138 pada penutupan perdagangan kamis lalu. IHSG tertekan setelah investor asing melepas saham-saham unggulan berkapitalisasi besar di akhir penutupan perdagangan.

Total net sell asing mencapai nilai Rp1,334 triliun di pasar reguler. Dalam sepekan, IHSG melemah cukup signifikan dengan mengalami penurunan -1,83%, dan diikuti oleh aksi jual asing sebesar Rp2,99 triliun di pasar reguler.

Sepanjang bulan November, IHSG melemah -0,88% dan mengakhiri penguatan selama 9 bulan berturut-turut.

Penyebab penurunan tajam IHSG pada akhir pekan lalu terkait rebalancing MSCI Index. MSCI mengubah susunan portofolio dan mengurangi bobot saham Indonesia, sehingga membuat investor asing melakukan penjualan bersih yang cukup besar.

Sementara sentimen dari eksternal yang mempengaruhi gerak pasar pada pekan lalu adalah pertumbuhan ekonomi AS tumbuh 3,3 persen pada kuartal III 2017 dan melampaui harapan, sehingga memberikan sinyal kuat untuk kenaikan suku bunga AS pada bulan Desember ini.  

Sinyal ini juga didukung oleh pernyataan Yellen yang mengatakan kalau The Fed siap meningkatkan suku bunga AS untuk ketiga kalinya tahun ini pada Desember. Sementara semenanjung Korea kembali menghangat, setelah Korut meluncurkan sebuah rudal balistik antarbenua jenis baru, Hwasong-15, yang diklaim mampu menjangkau seluruh wilayah AS.

1 2

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x