Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 06:44 WIB

Inilah Potensi Penggerak Wall Street

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 4 Desember 2017 | 00:49 WIB
Inilah Potensi Penggerak Wall Street
(Foto: gettyimages)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Wall Street bersiap mempertahankan area positif pada pekan depan setelah tertekan pengakuan Flynn yang menggemparkan pasar modal.

Investor mulai mendapatkan sinyal tentang kebijakan pajak AS yang mendekati harapan. Indeks juga akan memanfaatkan situasi menjelang perayaan natal 2017.

Pada pekan lalu, saat saham melambung dan volatilitas melonjak karena berita bahwa mantan anggota lingkaran terdepan Presiden Donald Trump mengaku bersalah berbohong kepada FBI. Para analis bertaruh bahwa optimisme mengenai pemotongan pajak di atas reli Santa akan menyedot pasar lebih tinggi.

"Setiap aksi jual adalah reaksi spontan jangka pendek. Pada akhir hari, drama di Washington sepertinya tidak akan menggagalkan pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan perusahaan yang kuat," kata Karyn Cavanaugh, ahli strategi pasar senior di Voya Investment Management seperti mengutip marketwatch.com.

Mantan Penasihat Keamanan Nasional Michael Flynn mencapai kesepakatan dengan Penasihat Khusus Robert Mueller yang sedang menyelidiki dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan AS. Flynn memainkan peran penting dalam kampanye Trump dan kegiatan yang dibohongi Flynn selama masa transisi pasca pemilihan.

Richard Hastings, ahli strategi makro di Seaport Global Securities LLC, mengharapkan perkembangan politik terakhir dapat bertindak sebagai titik cepat bagi pasar.

"Kami telah melihat beberapa kekurangan risiko Trump sebelumnya," kata Hastings, "dan situasi Flynn dapat memicu wabah baru tuduhan Trump. Tapi pergi dari hal-hal kecil ke langkah yang lebih besar tampaknya seperti jurang besar, dan kami meragukan Trump melakukan hal-hal yang benar-benar masuk ke dalam keranjang bencana. "

Tapi dengan pemotongan pajak yang menjulang di kaki langit, investor diharapkan mengalami kehilangan ingatan jangka pendek ketika sampai pada Flynn.

"Begitu tagihan pajak berlalu, "maka kenaikan 5% sampai 7,5% lainnya bisa melonjak pada momentum perdagangan belaka," mengubah apa yang sampai sekarang menjadi pasar A menjadi pasar A +, kata Hastings.

Dengan keuntungan dua digit sejauh ini, S & P 500 siap menjadi salah satu tahun terbaiknya sejak 2013.

Baca: Inilah Penggerak Wall Street

Senat Sabtu dini hari meloloskan proposal reformasi pajak yang disponsori Republikan di sepanjang garis partai, membuka jalan bagi pajak perusahaan yang lebih rendah dan pencabutan mandat asuransi individu Obamacare di antara perubahan lainnya.

Pemungutan suara akan dipandang sebagai kemenangan penting bagi Trump yang telah menjanjikan reformasi pajak sweeping sebagai bagian dari agenda pro-bisnisnya. Antisipasi pemotongan pajak secara luas dikreditkan dengan memicu rekor bursa saham sejak pemilihan Trump.

Tagihan Senat sekarang harus didamaikan dengan versi yang disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat bulan lalu sebelum mengirimnya ke Trump untuk mendapatkan tandatangannya.

"Pemotongan pajak kemungkinan akan selesai dan itu akan memperkuat pendapatan perusahaan lebih jauh. Jadi biasnya masih ke sisi atas," kata Cavanaugh. "Investor tidak mungkin menyimpang terlalu jauh dari meja makan sebelum hidangan utama disajikan."

Musiman juga cenderung berperan saat investor bersiap menghadapi kenaikan akhir tahun yang biasa disebut reli Santa.

Desember selalu menjadi bulan yang kuat untuk ekuitas. Dow Jones Industrial Average telah menguat 74% dari waktu selama 100 tahun terakhir di bulan Desember dengan tingkat pengembalian rata-rata 1,6%, menurut dipesan Bespoke Investment Group.

Bahkan, mengingat kekuatan pasar sepanjang tahun, saham mungkin melihat kenaikan yang luar biasa bulan ini dibandingkan dengan Decembers sebelumnya.

Sejak tahun 1990, S & P 500 telah naik 82% dari waktu di bulan Desember dengan kenaikan rata-rata 2,5% ketika indeks telah meningkat setidaknya 10% pada akhir November, menurut Frank Cappelleri, ahli strategi teknis di Instinet LLC.

Pada hari Jumat, S & P 500 SPX, -0,20% naik 18% untuk tahun ini meskipun turun 0,2% menjadi di 2.642,22. Dow DJIA, -0,17% turun 0,2% menjadi 24.231,59, menghentikan penurunan lima hari berturut-turut dan Indeks Komposit Nasdaq COMP, -0,38% turun 0,4% menjadi 6.847,59.

Indeks Volatilitas CBOE VIX, + 1,33% melonjak di atas 14 siang hari namun turun kembali saat kegugupan awal Flynn mereda.

Komentar

 
x