Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 06:46 WIB

Dolar AS Tergelincir Pengakuan Anak Buah Trump

Oleh : Wahid Ma'ruf | Sabtu, 2 Desember 2017 | 06:10 WIB
Dolar AS Tergelincir Pengakuan Anak Buah Trump
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Pengakuan pejabat penting AS telah memicu dolar tiba-tiba turun lebih rendah terhadap saingannya pada akhir perdagangan Jumat (1/12/2017).

Mantan penasihat keamanan nasional Michael Flynn mengaku bersalah berbohong kepada penyelidik federal. Dolar AS juga tertekan sebuah laporan berita mengatakan dia akan bersaksi bahwa Presiden Donald Trump mengarahkannya untuk menghubungi pejabat Rusia.

Indeks Dolar AS AS DXY, -0,19% turun 0,2% pada 92,879, mengupas beberapa kerugiannya. Namun demikian, indeks naik 0,1% untuk pekan ini, memasukkannya ke dalam wilayah positif untuk pertama kalinya dalam empat pekan. Indeks WSJ A.S. Dollar yang lebih luas BUXX, -0,19% turun 0,2% menjadi 86,48 pada hari Jumat, dan mencatat kenaikan 0,1% pada pekan ini.

Dolar menguat terhadap rubel USDRUB Rusia, + 0,7628% Namun, melompat ke rubrik 58,902 dibandingkan dengan 58,443 Kamis malam. Meskipun implikasi yang tepat untuk Rusia tidak jelas. Pada minggu ini, dolar naik 0,9% terhadap mata uang Rusia.


Di belakang perkembangan dolar, euro EURUSD, -0,0672% tergelincir lebih rendah lagi menjelang akhir sesi, menghilangkan kenaikan sebelumnya yang terjadi di belakang jatuhnya dolar. Satu euro membeli $ 1,1894, versus $ 1,1904 akhir Kamis, turun 0,3% pada minggu ini.

Sementara dolar Kanada USDCAD, -1,6287% didorong menguat didukung data ekonomi yang bagus, serta pelemahan dolar. PDB oleh industri lebih kuat dari perkiraan pada 0,22% pada bulan September, sementara PDB kuartal ketiga yang disesuaikan musiman memenuhi perkiraan di 1,7%.

Pengangguran Kanada turun menjadi 5,9% di bulan November, dibandingkan dengan perkiraan konsensus FactSet sebesar 6,2%. Satu dolar jatuh ke C $ 1.2690, turun 1,6% dari Kamis malam, mencapai level terendah empat hari. Namun, pada minggu ini, uang tersebut naik 0,2% sederhana melawan saingannya di Kanada.

Terhadap yen Jepang USDJPY, -0,26% dolar diperdagangkan pada 112,10, turun dari 112,54 di mana ditutup Kamis malam, namun naik 0,5% dibandingkan minggu lalu pada hari Jumat.

Pound Inggris GBPUSD, -0,3770% tidak berhasil naik ke wilayah positif di belakang ayunan dolar, tertinggal lebih rendah di $ 1,3471 dibandingkan dengan $ 1,3529 Kamis malam. Ini meski mendukung PMI asal Inggris yang mengalahkan ekspektasi. Minggu ke minggu, sterling naik 1% terhadap greenback.

Penurunan tiba-tiba dolar di tengah sesi AS pada hari Jumat terjadi pada coattails ABC News yang melaporkan bahwa Flynn akan bersaksi tentang Presiden Trump. Flynn mengajukan permohonan bersalah atas satu tuduhan bahwa dia berbohong kepada FBI tentang percakapan yang dia lakukan dengan duta besar Rusia tersebut. Flynn mengambil kesepakatan yang mengesampingkan tuduhan lainnya.

Ty Cobb, pengacara Presiden Trump, mengatakan bahwa pembelaan Flynn yang bersalah tidak melibatkan presiden.

Pedagang juga masih melacak kemajuan dalam perombakan pajak A.S. yang tampaknya mengalami masalah pada Kamis malam di Senat. Pemungutan suara tersebut didorong hingga Jumat karena sejumlah isu masih harus dipecahkan. Tak lama setelah berita Flynn, Mayoritas Pemimpin Mitch McConnell mengatakan bahwa Senat memiliki suara untuk menyampaikan tagihan pajak.

Di tempat lain, Presiden Fed New York, William Dudley mengatakan bahwa tidak perlu stimulus selama masa pertumbuhan yang layak dalam sebuah pidato pada hari Jumat pagi.

Dalam hal kemajuan Brexit, pejabat Irlandia diperkirakan akan berdiskusi dengan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk di Dublin pada hari Jumat. Republik Irlandia bertujuan untuk menghindari kemunculan kembali perbatasan yang sulit karena akan tetap menjadi bagian dari Uni Eropa sementara Irlandia Utara dan seluruh Inggris ditetapkan untuk keluar dari serikat pabean blok tersebut dan pasar tunggal.


"Ini akan menjadi satu lagi di mana kita akan mendapatkan banyak berita utama ke arah yang berbeda, menambahkan volatilitas dan beberapa kecemasan," kata Brad Bechtel, managing director FX for Jefferies, seperti mengutip marketwatch.com. "Ini hanya lapisan kebisingan yang bisa diurai," tambahnya, mengingat rincian tentang kesaksian Flynn masih langka.

Indeks manajer pembelian manufaktur Markit untuk bulan November membaca 53,9 di bulan November, turun dari 54,6 di bulan sebelumnya.

Indeks manufaktur ISM masuk di 58,2, dibandingkan dengan perkiraan konsensus Market Street pada 58. Pengeluaran konstruksi Oktober naik 1,4%, mengalahkan perkiraan konsensus 0,4%.

Komentar

 
x