Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 06:50 WIB

Pengendali META Belum Jelas, Ini Saran OJK

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 22 November 2017 | 08:43 WIB
Pengendali META Belum Jelas, Ini Saran OJK
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) disuspensi perdagangan sahamnya oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sudah hampir 2 pekan.

Belum adanya kejelasan perihal transaksi akuisisi saham oleh PT Metro Pacific Tollways Indonesia (MPTI) menjadi alasan utama belum diperbolehkannya saham META di perdagangkan di pasar reguler maupun pasar tunai.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun angkat bicara, menurut Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen suspensi perdagangan saham META bisa dicabut jika perseroan melakukan pengendalian bersama.

Menurutnya, saat ini beberapa emiten juga memiliki opsi pengendalian bersama. Sehingga, apabila META kemudian melakukan pengendalian saham bersama, sebenarnya hal tersebut wajar.

"Mengenai fungsi pemegang saham pengendali jika terdapat pengendalian bersama, dapat dilakukan dengan pembentukan komite," kata Hoesen saat di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Hoesen pun tidak secara eksplisit mengungkapkan kewajiban pengendali saham META untuk melaksanakan tender offer. Ia menyebut, kajian OJK belum sampai pada titik tersebut. "Ini kan kita mau bicara dulu pengendalian. Kita uji benar atau tidak dia tidak mengendalikan," kata Hoesen.

Ia mengingatkan terkait perpindahan kepemilikan yang juga pernah terjadi pada PT Bank Permata Tbk beberapa tahun lalu, juga tidak ada proses tender offer. [hid]

Tags

Komentar

 
x