Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 06:49 WIB

Pasar Uang Tetap Lihat Prospek Ekonomi Domestik

Oleh : - | Selasa, 21 November 2017 | 20:03 WIB
Pasar Uang Tetap Lihat Prospek Ekonomi Domestik
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa (21/11/2017) sore, bergerak menguat tipis sebesar dua poin menjadi Rp13.527 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.529 per dolar AS.

Research Analyst FXTM, Lukman Otunuga di Jakarta, Selasa (21/11/2017), mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diperkirakan berkembang 5,1 persen pada 2017 dan 5,3 persen pada 2018 memberikan prospek umum terhadap Indonesia tetap menjanjikan bagi investor.

"Rupiah terapresiasi terhadap dolar AS di tengah kondisi ekonomi nasional yang kondusif," katanya.

Ia menambahkan bahwa penguatan rupiah juga didorong sentimen eksternal yang cenderung negatif bagi dolar AS, yakni mengenai reformasi pajak Amerika Serikat yang belum ada kepastian. Ketidakpastian reformasi pajak AS itu cenderung mengikis selera investor terhadap dolar AS.

Ia mengatakan bahwa ke depannya, fokus pasar akan tertuju pada beberapa agenda dari bank sentral seperti Gubernur ECB (Bank Sentral Eropa) Mario Draghi akan memberi testimoni tentang ekonomi dan kebijakan moneter di hadapan Parlemen Eropa di Brussels, serta Ketua Dewan Gubernur The Fed Janet Yellen dijadwalkan untuk mengikuti diskusi panel pada pekan ini.

"Investor akan mencari isyarat tentang kebijakan moneter dari bank sentral itu," katanya.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menambahkan, bahwa dolar AS cenderung melemah usai sentimen RUU Pajak Amerika Serikat yang kembali mengemuka. Kendati RUU Pajak telah diloloskan House of Representative, namun pasar mencerna proses di Senat akan lebih sulit dan lambat.

"Ketidakpastian kebijakan reformasi pajak menahan laju dolar AS," katanya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Selasa (21/11) mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp13.544 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.529 per dolar AS. [tar]

Komentar

 
x