Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 17:16 WIB

Harga Emas Naik Usai Tertekan di Awal Pekan

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 15 November 2017 | 08:04 WIB
Harga Emas Naik Usai Tertekan di Awal Pekan
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Emas naik sedikit pada hari Selasa (14/11/2017), karena melemahnya dolar AS dan pasar saham yang lesu membantu menarik logam mulia dari penurunan terendah satu minggu di awal perdagangan.

Sementara para pedagang juga mengatakan ketidakpastian mengenai nasib pemotongan pajak AS mendorong beberapa pembelian safe haven dari emas.

Dolar AS jatuh terhadap sekeranjang mata uang utama. Melemahnya dolar mendorong emas, membuat komoditas berdenominasi dolar lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Spot emas naik 0,34 persen pada level US$1,281.94 per ounce, setelah memimpin serendah US$1,270.56 pada perdagangan sebelumnya. Emas berjangka AS untuk pengiriman Desember ditutup naik 0,3 persen pada US$1,282.90 per ounce, seperti mengutip cnbc.com.

"Pasar ekuitas secara keseluruhan melihat sedikit kelemahan dan diversifikasi ke safe haven seperti emas," kata Dan Hussey, strategist pasar senior di RJO Futures di Chicago, menambahkan harga emas bisa menargetkan US$1.350, dalam jangka pendek.

Indeks saham A.S. lebih rendah setelah saham GE anjlok untuk hari kedua berturut-turut dan penurunan harga minyak menekan saham energi. Kekhawatiran tentang rencana pajak Republik dan kemampuan ekonomi untuk menghadapi kenaikan suku bunga membuat penyimpangan terhadap aset yang dianggap berisiko dan mendorong daya tarik emas sebagai safe haven, kata para pedagang.

Emas menyentuh sesi rendah di US$1,270.56, terendah sejak 6 November, setelah hasil Treasury AS menyentuh level tertinggi baru karena investor membukukan kenaikan suku bunga bulan depan. Imbal hasil obligasi yang lebih tinggi mengurangi daya tarik emas.

Pada hari Senin, anggota Partai Kongres mendorong maju dengan perombakan ulang kode pajak AS yang diusulkan, namun risikonya terbelenggu dengan perselisihan intra-partai besar yang tidak stabil. Perbaikan pajak yang gagal akan menekan risk appetite dan menguntungkan emas.

Empat dari bankir sentral dunia berjanji untuk terus secara terbuka membimbing investor mengenai langkah kebijakan masa depan karena mereka perlahan menarik stimulus moneter besar yang diluncurkan pada saat krisis keuangan.

Di tempat lain, hedge fund dan money managers menaikkan posisi long net mereka di emas COMEX dengan 7.027 kontrak menjadi 173.562 kontrak dalam sepekan sampai 7 November, data Komisi Perdagangan Komoditi Perdagangan AS menunjukkan pada hari Senin. Itu menandai pertama kalinya spekulan menaikkan posisi net long mereka dalam delapan minggu.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik 0,1 persen pada US$17,05 per ounce, sementara platinum turun 0,5 persen pada US$927. Palladium turun 0,48 persen pada US$985 per ounce, pulih dari level terendah dua minggu di US$974.97 yang terjadi di awal sesi.

Komentar

 
x