Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 17:14 WIB

Chandra Asri Incar Rp500 M dari PUB I

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 14 November 2017 | 11:36 WIB
Chandra Asri Incar Rp500 M dari PUB I
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk - (Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) pada tahap pertama mengincar dana Rp500 miliar akan menerbitkan obligasi melalui mekanisme Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I.

Untuk rencana keseluruhan, PUB I akan menargetkan dana maksimal Rp1 triliun. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, Senin (13/11/2017).

Perseroan memberikan pilihan kepada masyarakat untuk memilih jangka waktu yang dikehendaki. Seri obligasi yang ditawarkan ada 3 jenis, yaitu obligasi seri A dengan jangka waktu 3 tahun. Obligasi seri B dengan jangka waktu 5 tahun. Obligasi seri C dengan jangka waktu 7 tahun dengan kupon obligasi yang dibayar masing-masing setiap triwulan.

Obligasi yang ditawarkan tersebut telah memperoleh hasil pemeringkatan idAA- atau double A minus dari PT Pefindo. Dana yang akan diperoleh dari hasil emisi obligasi setelah dikurangi oleh biaya emisi akan digunakan seluruhnya untuk melakukan pembayaran sebagian utang berdasarkan facility agreement for US$94,980 juta single currency term facility yang diperoleh TPIA pada tahun 2015.

Perseroan yakin obligasi ini akan mendapatkan respon yang positif dari investor dengan dukungan pengalaman dan track recor perseroan sudah teruji selama 25 tahun di bidang petrokimia. Manajemen operasi yang berpengalaman, kinerja usaha dan keuangan yang baik didukung reputasi tinggi dari perseroan.

Kinerja keuangan TPIA mengalami peningkatan baik dari segi pendapatan naik 35,5%, laba kotor naik 34,1%, EBITDA sebesar 31,7% maupun laba periode berjalan 32,2% yang signifikan pada semester I 2017. Adapun total aset sebesar US$2,151 miliar, liabilitas sebesar US$US$954 juta dan ekuitas TPIA US$1,197 miliar pada akhir semester 1 tahun 2017. Ke depan TPIA yakin dapat meningkatkan kinerjanya secara lebih baik dengan melihat potensi bisnis yang ada.

Perseroan menggandeng PT BCA Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia dan PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi. Untuk wali amanat dari PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).

Perseroan dan penjamin pelaksana emisi obligasi merencanakan masa penawaran awal atau book building obligasi ini akan dilakukan pada tanggal 13-14 November 2017. Sedangkan perkiraan masa penawaran umum akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Desember 2017. Untuk pencatatan di BEI direncakan pada tanggal 13 Desember 2017.

Komentar

 
x