Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 17:04 WIB

Baznas Luncurkan Program Zakat Saham

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Senin, 13 November 2017 | 10:35 WIB
Baznas Luncurkan Program Zakat Saham
(Foto: Inilahcom/M Fadil Dj)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama sejumlah mitra melakukan "Grand Launching Sedekah Zakat dan Saham (Sazadah)".

Peluncuran itu merupakan program inovasi Baznas dalam memberikan pelayanan terbaik bagi muzaki serta mustahik. Muzaki merupakan orang yang membayar zakat, infak dan sedekah (ZIS) dan dana sosial keagamaan lainnya (DSKL). Sementara mustahik adalah penerima ZIS.

Ketua Baznas, Bambang Sudibyo mengatakan, program ini akan menjadi jalan alternatif untuk membendung kepungan kapitalisme. "Di tengah kesenjangan sosial yang tinggi, sedekah dan zakat saham menjadi sangat strategis karena program ini merupakan koreksi terhadap kapitalisme," kata Bambang di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (13/11/2017).

Dia berharap, semakin banyak para pelaku pasar modal yang bersedakah dan berzakat produk-produk sekuritasnya. "Selain saham diharapkan juga berzakat obligasi untuk membantu pengentasan kemiskinan," ujarnya.

Program ZCD merupakan pengembangan komunitas dengan mengintegrasikan aspek sosial seperti pendidlkan, kesehatan, agama, lingkungan, dan aspek sosial lainnya, serta aspek ekonomi secara komprehensif yang pendanaan utamanya bersumber dari zakat, infak, dan sedekah sehingga terwujud masyarakat sejahtera dan mandiri. Tahun ini ditargetkan sebanyak 41 titik ZCD terbangun di berbagai desa di Indonesia.

Lalu untuk untuk shadaqah terdiri dari dua jenis, yakni shadaqah syariah yang sahamnya berasal dari Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), penyalurannya juga kepada ZCD.

Sementara untuk shadaqah nonsyariah, jenis sahamnya boleh berasal dari seluruh jenis saham di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), namun penyalurannya hanya untuk pembangunan infrastruktur. [jin]

Komentar

 
x