Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 17:05 WIB

Ini Rahasia Dua Miliarder AS Senang Cuci Piring

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 12 November 2017 | 18:02 WIB
Ini Rahasia Dua Miliarder AS Senang Cuci Piring
Jeff Bezos dan Bill Gates - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Jeff Bezos dan Bill Gates adalah dua orang terkaya di planet ini, tapi itu tidak berarti mereka tidak mau mencuci piring.

Kedua miliarder tersebut mengatakan bahwa mereka merawat piring dan gelas kotor keluarga mereka setiap malam.

Dalam sebuah wawancara tahun 2014 dengan CEO Business Insider Henry Blodget, Bezos mengatakan bahwa mencuci piring adalah bagian dari rutinitas hariannya. "Saya mencuci piring setiap malam," kata Bezos, yang saat ini kekayaannya hampir mencapai US$95 miliar. "Saya cukup yakin itu hal terseksi yang saya lakukan," candanya seperti mengutip marketwatch.com.

Gates, yang saat ini adalah orang terkaya kedua di dunia, tidak hanya hidangan setiap malam, dia juga menikmatinya.

Ketika ditanya di Reddit 2014 Ask Me Anything, "Apa sesuatu yang Anda sukai yang menurut Anda tidak diharapkan dari Anda?" Gates, yang kekayaannyan sekarang bernilai $ 89,2 miliar, menjawab, "Saya mencuci piring setiap malam, orang lain rela, tapi saya suka cara saya melakukannya."

Sementara kedua pebisnis memiliki alasan masing-masing untuk melakukan tugas sehari-hari, sains menyarankan agar mereka melakukan sesuatu. Beberapa penelitian independen telah menemukan bahwa mencuci piring dapat mengurangi stres dan meningkatkan kreativitas.

Sebuah studi di Universitas Negeri Florida menemukan bahwa siswa yang dipersonifikasikan untuk berhati-hati saat mencuci piring (yaitu fokus pada pernapasan dan sentuhan, bau dan nuansa tugas) melihat penurunan tingkat stres dan dorongan dalam inspirasi. Berkonsentrasi pada rasa air hangat atau bau sabun merangsang otak.

Studi lain oleh University of California, Santa Barbara, menemukan bahwa melakukan tugas tanpa berpikir memungkinkan otak untuk berkeliaran dan terlibat dalam pemecahan masalah yang kreatif.

Misalnya, orang-orang yang menyelesaikan tugas "membosankan", seperti menyalin nomor dari direktori telepon, dapat berpikir lebih kreatif sesudahnya, menurut sebuah studi oleh University of Central Lancashire.

Kapan Anda mendapatkan ide terbaik Anda? Apakah saat Anda berada di meja kerja Anda bersedia mereka datang? Atau saat Anda tanpa berpikir sedang mandi atau berolahraga, pikiran cemerlang tiba-tiba muncul di kepala Anda?

Proses pemberian piring yang kurang mendebarkan bisa memberi kesempatan yang sama. Jadi pada saat Anda melihat setumpuk piring kotor di wastafel, ikuti timah miliarder ini dan menyelamlah. Tugas itu bisa membantu Anda merasa lebih tenang dan lebih kreatif.

Komentar

 
x