Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 17:16 WIB
Hightlight News

IHSG akan Tunjukkan Koreksi Sehat

Oleh : Wahid Ma'ruf | Senin, 13 November 2017 | 00:16 WIB

Wall Street Kecewa Janji Pajak

IHSG akan Tunjukkan Koreksi Sehat
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Secara teknikal, IHSG mulai terlihat berkonsolidasi dalam jangka pendek. Kondisi IHSG terlihat mulai relatif bergerak mendatar di kisaran 5.969 hingga 6.082.

Menurut praktisi pasar, Stevanus Mulyadi Handoko, indikator teknikal Stochastic mulai bergerak turun keluar dari area overbought, sedangkan MACD berpotensi terjadi death cross. Dari kondisi teknikal ini, mengindikasikan bahwa IHSG berkondolidasi dengan potensi terjadi koreksi sehat lanjutan dalam jangka pendek.

"Untuk pekan ini, IHSG berpotensi menguji level support psikologis 5.969. Hati-hati bila IHSG breakdown level support tersebut, karena berpotensi melanjutkan pelemahannya menuju support selanjutnya dikisaran 5.914," katanya Minggu (12/11/2017).

Pekan ini, pelaku pasar tengah menanti rilis data ekspor-impor dan neraca perdagangan pada hari Rabu (15/11/2017). Sehari setelahnya yaitu pada hari Kamis (16/11/2017), Bank Indonesia akan menetapkan suku bunga 7-days Repo Rate, yang diperkirakan tidak akan berubah.

Sementara dari luar negeri, cukup banyak agenda dan kejadian ekonomi penting yang akan menjadi perhatian dari para pelaku pasar pada pekan ini. Hari Selasa, Pernyataan Gubernur BOJ Kuroda, Rilis data industri dan penjualan ritel China, Rilis data inflasi Inggris, Rilis data GDP Zona Eropa, Pernyataan Ketua ECB Mario Draghi, Pernyataan Gubernur BOE Carney, Pernyataan Ketua The Fed Janet Yellen, Rilis data harga produsen AS.

Hari Rabu, Rilis data GDP Jepang, Rilis data pendapatan dan tingkat pengangguran Inggris, Rilis data inflasi, penjualan ritel dan persediaan minyak AS. Hari Kamis, Rilis data pekerjaan Australia, Rilis data penjualan ritel Inggris, Rilis data inflasi zona eropa, Rilis data klaim pengangguran AS, Pernyataan Gubernur BOE Carney.  Hari Jum’at, Pernyataan Ketua ECB Mario Draghi, Rilis data ijin bangunan AS.

Di awal pekan, IHSG diperkirakan akan bergerak sideways cenderung turun, berpotensi menguji level psikologis 6000. Apabila gagal bertahan di level 6000, IHSG berpeluang menguji area support 5989.

Untuk itu, harus tetap safe trading dan selalu kontrol resiko. Terutama jika kondisi market tiba-tiba menjadi tidak kondusif dan muncul ketidakpastian atau force majeure sesaat pada pasar. Sementara bagi investor, jika terjadi koreksi bisa dimanfaatkan untuk akumulasi bertahap, terutama bagi perusahaan yang telah merilis laporan kinerja keuangan kwartal ketiga cukup baik.

"Jika terjadi koreksi, bisa melakukan buy on weakness pada saham-saham yang masih berkinerja bagus."

1 2

0 Komentar

Kirim Komentar


Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x