Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 10:31 WIB

PGN Siapkan CNG, Alternatif Bahan Bakar Selain LPG

Oleh : M Fadil Djaelani | Sabtu, 11 November 2017 | 16:09 WIB
PGN Siapkan CNG, Alternatif Bahan Bakar Selain LPG
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mulai melakukan beragam cara untuk meningkatkan kinerja. Salah satunya dengan menjual gas setara LPG 12 kilogram (kg) dan 50 kg yang diberi nama gaslink.

Berbeda dengan Pertamina yang menjual liquefied petroleum gas (LPG), PGN melalui anak usahanya PT Gagas Energi Indonesia menjual gaslink dalam bentuk compressed natural gas (CNG).

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo mengatakan kedepan CNG perlahan bakal menggantikan LPG sebagai kebutuhan primer masyarakat sehari-hari. "Beberapa restoran sudah memulai menggunakan CNG portable, yang kita harapkan nantinya bakal menggantikan LPG," kata Dilo di Bogor, Sabtu (11/11/2017).

Dilo mengatakan kenapa hal itu bisa terjadi, lantaran ada beberapa kelebihan yang dimiliki CNG pertama harga jual CNG lebih murah ketimbang LPG, lebih ramah lingkungan dan ketersedian yang cukup melimpah di dalam negeri.

"CNG ini harganya cukup murah, kalau Gagas (Anak perusahaan PGN) menjualnya sekitar Rp3 ribu sampai Rp4 ribu /MMBTU, artinya sekitar US$9 /MMBTU, sementara LPG sekitar US$18," katanya.

Biarpun berbobot setara 12 kg namun CNG yang dijual oleh PGN ini tidak dipasarkan untuk konsumen rumah tangga. Danny menyebut sasaran pasar dari produk CNG tersebut adalah industri kecil, hotel dan restoran.

Seperti diketahui, PGN memang tengah berusaha memperluas pemanfaatan gas bumi ke masyarakat luas dengan menghadirkan Gaslink. Gaslink diluncurkan khusus untuk ini menyasar daerah-daerah yang belum dijangkau oleh gas pipa sehingga para pelaku usaha seperti industri menengah, hotel dan restoran.

Gaslink merupakan gas bumi yang dikompres sedemikian rupa hingga menjadi Compressed Natural Gas (CNG) yang kemudian didistribusikan menggunakan kendaraan untuk diantar langsung ke pelanggan-pelanggan. [ipe]

Tags

Komentar

 
x