Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 06:50 WIB

BCA akan Danai LRT Rp4 Triliun, Asal ..

Oleh : Monica Wareza | Jumat, 27 Oktober 2017 | 00:17 WIB
BCA akan Danai LRT Rp4 Triliun, Asal ..
(Foto: Inilahcom/Monica Wareza)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) akan mengalokasikan dana pembangunan LRT Jabodebek sebesar Rp3 triliun-Rp4 triliun. Asalkan pemerintah memberikan jaminan.

Presiden Direktur perseroan, Jahja Setiaatmadja mengatakan pemerintah telah meminta BCA untuk menggelontorkan dana sebesar Rp3 triliun-Rp4 triliun. "Kalau ada government guarantee buat pendanaan LRT ya kita mau terlibat," kata Jahja di Jakarta, Kamis (26/10/2017).


Lebih lanjut, Jahja mengatakan bahwa keputusannya ini beralasan mengingat secara umum public transportation dianggap berat karena harus memberikan subsidi. "Pinjaman emang harus ada loan guarantee, kalo ga itu bisa berat untuk dicosider bahwa modalnya akan balik," lanjutnya.


Sementara itu, pemerintah telah meruskan pendanaan pembangunan LRT Jabodebek. Total biaya yang dibutuhkan untuk membangun prasarana LRT Jabodebek sebesar Rp21,7 triliun ditambah sarana Rp5triliun sehingga total pendanaannya adalah Rp26,7 triliun.


PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan meminjam dana perbankan sebesar Rp18 triliun-Rp19 triliun dari total biaya pembangunan LRT Jabodebek. Sementara pemerintah hanya menanggung dana sebesar Rp9 triliun yang disalurkan lewat Penanaman Modal Negara (PMN), masing-masing kepada KAI sebesar Rp7,6 triliun dan Adhi Karya sebesar Rp1,4 triliun. [hid]

Komentar

 
x