Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 13 Desember 2017 | 17:57 WIB

Bursa Saham Eropa Bergerak Terbatas di Awal Sesi

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 13 Oktober 2017 | 16:53 WIB
Bursa Saham Eropa Bergerak Terbatas di Awal Sesi
facebook twitter

INILAHCOM, London - Pasar Eropa sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan Jumat pagi (13/10/2017). Investor memantau data ekonomi segar, pendapatan dan pidato dari pembuat kebijakan bank sentral.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 naik 0,27 persen sesaat setelah bel pembukaan dengan hampir semua sektor di wilayah positif. Indeks FTSE turun 0,3%, indeks DAX menambahkan 0,07%, indeks CAC berkurang 0,03%.

Indeks sumber daya dasar Eropa adalah sektoral gainer utama pada hari Jumat, naik lebih dari 1 persen, didukung data impor yang kuat di China. Pembuat baja terbesar di dunia, ArcelorMittal, memimpin kenaikan di sektor ini, naik lebih dari 2 persen pada perdagangan pagi hari, seperti mengutip cnbc.com.

Baca: Ekspor China Naik 8,1% di Bulan September


Melihat saham individual, Providence melonjak ke puncak benchmark Eropa pada hari Jumat karena pemberi pinjaman subprime Inggris yang terkepung mengumumkan rencana pemulihan untuk unit kredit rumah. Perusahaan saat ini sedang berjuang dengan kekurangan staf dan tetap berada di jalur untuk mengirim kerugian hingga 120 juta pound atau setara dengan US$159 juta pada tahun 2017. Sahamnya naik hampir 13 persen pada transaksi pagi-pagi.

Sementara itu, GKN jatuh ke dasar indeks pada hari Jumat setelah firma teknik Inggris mengatakan "mengecewakan" perdagangan di kedirgantaraan pada kuartal ketiga dan dua klaim eksternal akan menghasilkan keuntungan setahun ke atas yang lebih lemah dari perkiraan pada 2017. Sahamnya tergelincir lebih dari 7 persen di berita.

Investor asal Inggris akan memantau jalan buntu yang sedang berlangsung antara pejabat Inggris dan rekan-rekan Eropa mereka setelah putaran kelima perundingan Brexit selesai pekan ini. Berbicara pada hari Kamis, juru runding utama Uni Eropa Michel Barnier mengatakan ada "kebuntuan yang mengganggu" mengenai jumlah yang harus dibayar Inggris sebelum meninggalkan blok tersebut. Kurangnya kemajuan berarti bahwa pembahasan mengenai kesepakatan perdagangan di masa depan telah ditunda, kemungkinan sampai pertemuan Dewan Eropa pada bulan Desember.

Di Washington DC, sebuah pertemuan antara menteri keuangan G-20 dan gubernur bank sentral berlanjut, dengan anggota dewan Bank Sentral Eropa (ECB) Vitor Constancio dan Sabine Lautenschlaeger bersiap untuk berbicara.

Dalam sebuah alamat di ibukota AS, Kamis, Presiden ECB Mario Draghi membela kebijakan institusi tersebut untuk menjaga tingkat suku bunga tetap rendah.

Sementara itu, Presiden Donald Trump diperkirakan akan menjelaskan kebijakannya mengenai Iran pada hari Jumat, dengan kritikus yang bersangkutan dapat mempertaruhkan stabilitas kesepakatan nuklir saat ini.

Di sisi pendapatan, Bank of America dan Wells Fargo ditetapkan untuk mempublikasikan hasil kuartal ketiga pada hari Jumat.

Komentar

 
x