Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 23:41 WIB

Samsung Prediksi Laba Kuartal III Capai US$12,8 M

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 13 Oktober 2017 | 11:07 WIB
Samsung Prediksi Laba Kuartal III Capai US$12,8 M
facebook twitter

INILAHCOM, Seoul - Samsung Electronics mengatakan mereka memperkirakan rekor laba operasi sekitar 14,5 triliun won Korea atau setara dengan US$12,8 miliar untuk kuartal September.

Artinya kinerja ini sebagau lonjakan besar hampir 179 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Namun perkiraan tersebut memicu harga saham Samsung Electronics turun 0,51 persen pada perdagangan pagi di Seoul.

Pada kuartal sebelumnya, Samsung membukukan laba usaha sebesar 14,1 triliun won atau setara dengan US$12,67 miliar yang melampaui pendapatan operasional Apple sebesar US$10,77 miliar untuk periode yang sama.

Raksasa teknologi Korea Selatan tersebut juga mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan penjualan konsolidasi akan mencapai 62 triliun won Korea pada kuartal ketiga, sentuhan lebih rendah dari perkiraan pasar 62,1 triliun won.

Selama kuartal terakhir, pembuat chip memori, smartphone, dan produk elektronik terbesar di dunia telah melihat bisnis semikonduktor yang booming sebagai penggerak pendapatan utama.

Perkiraan laba operasi Samsung sebagian dapat mencerminkan tren harga yang lebih baik di industri semikonduktor, menurut Mehdi Hosseini, analis senior dan VP senior untuk semikonduktor di Susquehanna Financial Group.

"Ke depan, harga memori akan tetap stabil di area tertentu seperti DRAM [dynamic random-access memory]. Mereka menunjukkan pertumbuhan lanjutan dari basis yang lebih tinggi," Hosseini seperti mengutip cnbc.com. "Jadi, harga memori naik, investasi sangat rasional, kapasitas tambahan apa pun akan menjadi sangat sulit. Permintaan juga tertahan."

Hosseini juga mengatakan bahwa dia memperkirakan kenaikan pada semikonduktor akan berlanjut di kuartal keempat dan memasuki kuartal pertama 2018. Dia menambahkan bahwa Samsung, yang merupakan pemasok utama Apple, juga bisa mendapatkan keuntungan dari iPhone baru yang diluncurkan tahun ini.

Awal tahun ini, laporan mengatakan Apple memesan 70 juta panel layar OLED dari Samsung untuk jajaran iPhone barunya. OLED menawarkan display yang lebih cerah dan efisiensi daya yang lebih baik dari display kristal cair.

The Wall Street Journal melaporkan awal bulan ini bahwa divisi komponen Samsung bisa menghasilkan US$110 dari masing-masing "iPhone terdepan, US$1.000 yang dijual Apple."

Apalagi, bisnis mobile Samsung ini kemungkinan juga mendapat keuntungan dari flagship Galaxy S8 dan S8 Plus yang diluncurkan tahun ini, dan baru-baru ini Galaxy Note 8 handset nya. "Jadi semikonduktor berjalan dengan baik, mobile akan mengejutkan ke atas, dan tampilan - mereka akan mendapatkan keuntungan dari iPhone X. Semua terlihat bagus, setidaknya untuk satu atau dua kuartal berikutnya," tutur Hosseini.

Komentar

 
x